Labuan Bajo Dimana, Sebuah Wisata Nan Eksotis Timur Indonesia

Dipublikasikan oleh incefuad pada

paket wisata labuan bajo

Indonesia sudah terkenal sejak dahulu sebagai negara dengan keanekaragamannya. Mulai dari barat sampai timur Indonesia, memiliki keunikan budaya dan wisatanya masing-masing. Ada sekitar sepuluh wisata eksotis Indonesia yang recommended dikunjungi. Seperti di timur Indonesia, tepatnya Desa Labuan Bajo. Jika ada yang bertanya labuan bajo dimana, maka wajib membaca artikel ini sampai habis.

Lokasi Wisata Labuan Bajo

Labuan bajo sendiri merupakan kawasan wisata yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat. Menjadi salah satu tempat wisata terbaik Indonesia, Labuan Bajo harus masuk bucket list untuk liburanmu nantinya. Banyak sekali pilihan destinasi mulai dari bahari, budaya, hingga kuliner yang bisa dikunjungi jika berkunjung ke Labuan Bajo ini.

Mengapa Memilih Labuan Bajo Jadi Tujuan Wisata?

Kota wisata Labuan Bajo menyimpan banyak sekali keindahan alam, budaya, dan juga satwanya. Travelling menyenangkan akan kamu alami jika berkunjung ke Flores NTT. Mulai dari wisata bahari, budaya, sampai melihat kehidupan hewan langka seperti komodo. Di bawah ini beberapa alasan kenapa kamu harus menjadikan Labuan Bajo menjadi list wisata selanjutnya:

1. Gugusan Pulaunya Indah

Alasan pertama mengapa kamu harus mengunjungi Labuan Bajo atau menjadikan tujuan destinasi adalah gugusan pulau kota wisata Labuan Bajo ini sangat indah. Setelah mengetahui Labuan Bajo dimana, tidak ada salahnya menjadikan salah satu desa di Kabupaten Manggarai Barat ini sebagai tujuan wisata selanjutnya.

labuan bajo trip (28)

Banyak sekali pulau nan indah di Labuan Bajo yang bisa kamu kunjungi. Pertama adalah Pulau Padar. Pulau ini telah menjadi primadona bagi siapapun yang berkunjung di sini. Padar adalah sebauh pulau eksotis, di mana terdapat perbukitan yang dikelilingi laut indah. Setiap orang yang berkunjung bisa menikmati sunrise nan indah di pagi hari.

Tidak puas hanya dengan mengunjungi Pulau Padar? Tenang masih ada banyak pulau lainnya yang bisa dikunjungi dan pastinya tak kalah eksotisnya, salah satunya adalah Pulau Komodo. Siapa sih yang tidak tahu salah satu habitat satwa purbakala yang nyaris punah ini. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo ini juga berkunjung ke Pulau Komodo.

2. Wisata Baharinya Sangat Eksotis

Rasanya tidak lengkap jika liburan lalu tidak mengunjungi pantai sebagai destinasi andalan. Jangan khawatir, karena Labuan Bajo menyediakan semua itu. Tak hanya pantai yang indah, Labuan Bajo memiliki keindahan bawah laut yang wajib dinikmati. Keindahan biota laut serta tatanan batu karang seakan menjadi surga bagi pecinta diving.

Banyak sekali laut yang memiliki titik yang sangat tepat untuk dijadikan tempat diving atau pun snorkeling. Seperti di Samsia misalnya, wisatawan yang menyelam tidak hanya bisa menikmati keindahan laut saja, melainkan bisa melakukan interaksi langsung dengan hewan lautnya seperti kura-kura bahkan juga hiu.

Titik-titik snorkeling lain yang bisa dikunjungi adalah Manta Point. Manta point ini adalah surga bagi pecinta diving. Jika beruntung, seseorang bisa bertemu langsung dengan ikan pari besar. Tidak hanya seputar diving dan snorkeling, sekedar bersantai di pantai pun sangat bisa. Terdapat pantai yang beda dari yang lain dikarenakan pasirnya berwarna pink. Pantai ini dinamakan pantai pink.

3. Sensasi Penginapan Yang Unik

Jika biasanya penginapan saat liburan itu berupa villa atau hotel, lain halnya jika melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo. Ketika seseorang sudah mengetahui Labuan Bajo dimana, maka persepsi mereka akan penginapan pasti sama saja. Jika bukan di hotel pasti di villa. Namun, hal tersebut dibantahkan oleh Labuan Bajo ini. Ada yang unik dari penginapan salah satu kota wisata ini.

pulau manjarite
(sumber)

Kota wisata Labuan Bajo menawarkan kepada wisatawan yang berkunjung untuk merasakan sensasi menginap di kapal. Para wisatawan akan disuguhkan pilihan untuk merasakan sensasi menginap di atas kapal pinisi yang telah dirancang khusus agar bisa ditempati menginap oleh lara wisatawan. Tentunya ini akan menjadi salah satu daya tarik untuk para pelancong yang berkunjung.

Tidak seperti fungsi kapal pada umumnya, kapal pinisi khas Labuan Bajo ini didesain khusus agar nyaman untuk ditinggali. Kapal sudah disulap dan didesain sedemikian rupa sehingga fungsinya sama dengan hotel. Terdapat kamar dan fasilitas lain yang menunjang kenyamanan para wisatawan yang datang menginap di kapal pinisi ini. Tentunya ini menjadi pengalaman yang seru selama liburan.

4. Wisata Budaya

Melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo juga bisa melakukan kunjungan wisata budaya. Setelah puas menikmati keindahan pantai, bawah laut, dan keunikan satwanya saatnya untuk beralih ke wisata budaya khas Labuan Bajo. Ini menjadi salah satu keuntungan trip lengkap yang bisa didapatkan jika berlibur ke salah satu desa di Kabupaten Manggarai Barat ini. Banyak destinasi wisata budaya yang bisa dikunjungi.

tempat wisata di ntt

Salah satu wisata budaya yang terkenal di Labuan Bajo adalah Desa Wase Rebo. Desa ini memiliki keunikannya sendiri, yakni terletak pada rumah-rumah warga setempat yang berbentuk segitiga. Tak hanya itu, ada beberapa kebudayaan lain yang bisa dikunjungi, misalnya Gua Rangko atau oleh masyarakat setempat disebut dengan Gua Buaya.

Gua buaya ini juga ternyata menyimpan keindahan yang tak kalah eksotis dan unik, pasalnya gua ini tersedia kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Yang menjadi keunikannya, kolam ini memiliki rasa yang asin sehingga juga cocok dijadikan sebagai obat yang mampu mengatasi beberapa penyakit kulit, seperti gatal.

5. Berburu Destinasi Kuliner

Bagi mereka yang sudah tahu Labuan Bajo dimana pasti sudah paham karakteristik dan topografinya. Hal ini jiga mempengaruhi jenis kuliner yang mendominasi tempat ini. Seperti halnya tempat wisata lain yang memiliki makanan khas, Labuan Bajo juga punya, tepatnya di Kampung Ujung. Tempat ini menjadi pusat kuliner Labuan Bajo.

Kampung Ujung ini sendiri terletak di pesisir pelabuhan sehingga tidak heran jika kebanyakan kuliner yang ditawarkan adalah hasil laut. Para penjual menjajakan makananya di atas gerobak dengan jajanan seperti gorengan. Tidak hanya itu terdapat pula cafe yang letaknya tak jauh dari hotel L Bajo. Banyak makanan yang ditawarkan dan tentunya semuanya nikmat.

Keunikan lain dari berburu kuliner di Labuan Bajo juga bisa dinikmati dengan ditemani sunset. Pilihan kafe seperti paradise sangat cocok untuk menemani sore hari yang cerah di Labuan Bajo. Uniknya, tempat kuliner satu ini berbatasan langsung dengan laut lepas, sudah bisa dibayangkan bukan seperti apa kesejukannya?

Bagaimana, sangat banyak bukan destinasi yang ditawarkan oleh Labuan Bajo ini? Dan tentunya sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan orang tercinta. Sudah banyak orang bahkan wisatawan asing yang mengakui keindahan dari Labuan Bajo ini. Akankan ini menjadi destinasi wisata selanjutnya? Jika ya, rasakan sensasi liburan yang berbeda.

Demikianlah tadi beberapa ulasan singkat tentang Labuan Bajo dimana dan keunikan-keunikan yang dimilikinya. Bagi yang ingin melakukan perjalanan ke sini dan masih bingung mencari akomodasi liburan bisa mempercayakan perjalanan dan lainnya ke Bajocrewtour. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to [email protected]

× Need help?