Snorkeling Manta Point Amati Manta Ray dari Jarak Dekat

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Snorkeling Manta Point merupakan salah satu aktifitas paling menyenangkan yang bisa Anda lakukan ketika Anda berlibur di Labuan Bajo. Manta Point adalah salah satu spot snorkeling paling indah di Labuan Bajo yang menjadi tempat favorit wisatawan.

Snorkeling Manta Point
sumber

Di sana Anda dapat menyaksikan secara langsung aneka biota laut seperti terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. Dijamin ketika sedang berkunjung ke tempat ini maka Anda akan betah untuk berlama-lama. Oleh sebab itu, pada saat mengambil open trip Labuan Bajo Anda harus mencatat destinasi ini.

Keindahan Manta Point mampu menarik wisatawan asing dari luar negeri. Mereka mengagumi keindahan alam Indonesia. Mengunjungi Manta Point maka Anda bebas untuk berenang ataupun snorkeling. Akan tetapi, Anda harus tetap waspada dengan deburan ombak besar yang sewaktu-waktu dapat menerjang Anda.

Ekosistem laut yang berada di Manta Point beragam jenisnya. Anda akan dimanjakan dengan jernihnya air laut yang masih alami dan terasa segar. Anda juga bisa menjumpai pari-pari manta yang sangat cantik. Selain snorkeling di Manta Point Anda juga bisa dive in Komodo, sehingga liburan Anda di Labuan Bajo akan sangat menyenangkan.

Tips Snorkeling di Manta Point

Sebelum Anda snorkeling Manta Point maka Anda wajib mempersiapkan segala sesuatunya, yaitu sebagai berikut:

Mengecek peralatan snorkeling

Jika ingin snorkeling maka Anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk aktifitas tersebut. Cek dengan teliti masker serta fin atau kaki katak, Anda juga perlu mengecek life jacket agar bisa mengapung pada permukaan air. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa peralatan snorkeling tersebut pas dibadan Anda.

Bawa Camera Underwater

Perlengkapan lain yang wajib untuk Anda bawa untuk snorkeling wisata Labuan Bajo adalah camera underwater. Dengan menggunakan kamera tersebut maka Anda bisa mengabadikan keindahan bawah laut Manta Point yang begitu eksotis. Ambilah foto pada spot-spot menarik dan pastikan juga camera tersebut selalu berada di posisi mode on.

trip labuan bajo

Memperhatikan arah arus air laut

Anda harus selalu memperhatikan arah arus air laut. Snorkeling Manta Point mewajibkan Anda untuk selalu berhati-hati, mengingat arus disini sangat kuat. Anda juga harus selalu berkomunikasi dengan kapten kapal. Usahakan untuk snorkeling mengikuti arah arus air, sehingga Anda tidak akan mengalami kelelahan.

Perhatikan jarak dengan teman

Jika Anda ingin melakukan dive in Komodo maka Anda wajib memperhatikan jarak dengan teman Anda. Meskipun kegiatan snorkeling sangat menyenangkan dan Anda asyik berfoto dispot-spot menarik Anda harus tetap memperhatikan teman disekitar Anda. Jangan sampai Anda terpisah dengan rombongan karena berenang terlalu jauh. Oleh sebab itu, perhatikan teman dan juga kapal mengingat Manta Point letaknya berada di tengah laut.

Berenang dengan tenang

Open trip Labuan Bajo maka Anda harus menyempatkan diri untuk berenang di Manta Point. Ketika sedang berenang maka Anda harus selalu bersikap tenang, jangan mudah panik karena justru akan membahayakan kondisi Anda sendiri. Ikutilah arah arus air dan jangan melawannya, agar Anda tidak mudah merasa lelah saat berenang.

Daftar Perlengkapan Snorkeling untuk Pemula

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba untuk melakukan snorkeling maka Anda wajib mengetahui perlengkapannya, yaitu sebagai berikut:

Mask

Mask memiliki fungsi untuk menutup seluruh bagian wajah Anda terutama bagian mata hingga hidung. Dengan menggunakan mask ini maka Anda bisa melihat pemandangan bawah laut dengan sangat jelas.

Snorkel

Biasanya snorkel telah satu paket bersama mask. Anda bisa memanfaatkan alat ini untuk bernafas, sehingga meskipun berada dibawah laut Anda tetap bisa bernafas tanpa harus mengangkat kepala ke permukaan.

Fin

Fin lebih dikenal dengan kaki katak. Bagi Anda yang baru pertama kali snorkeling, maka Anda wajib menggunakannya. Jika sudah fasih untuk melakukannya maka Anda tidak wajib untuk menggunakannya.

Pelampung

Bagi pemula penggunaan pelampung juga sangat penting. Akan tetapi, jika Anda memiliki kemampuan berenang yang mumpuni maka Anda tidak perlu menggunakannya.

Baju renang

Baju renang juga sangat penting untuk digunakan. Baju ini akan  memudahkan Anda untuk bisa bergerak lebih leluasa. Selain itu, baju renang juga bisa mengurangi rasa dingin saat berenang di laut.

Objek Wisata di Manta Point

Wisata Labuan Bajo memang tidak ada habisnya untuk di eksplor. Wisata ini menyajikan spot indah dan eksotis terutama Manta Point. Berikut ini fasilitas serta objek wisata yang ada di Manta Point:

Manta-sighting spot

Manta point merupakan tempat paling ideal untuk menyaksikan Manta Ray atau dikenal dengan ikan Pari Indonesia Timur. Pengunjung yang berenang bisa berinteraksi secara langsung dengan Manta Ray tersebut. Selain itu, Anda bisa memegangnya dan memberi makan. Ukuran Manta tersebut bisa mencapai 3 meter.

Koloni ubur-ubur

diving in komodo
sumber

Keberadaan Manta biasanya diikuti dengan segerombolan ubur-ubur. Hal ini dikarenakan, Manta selalu mencari keberadaan ubur-ubur yang menjadi makanannya. Manta tersebut akan memburu ubur-ubur dengan gerombolannya. Oleh sebab itu, bisa dipastikan jika terdapat Manta dengan koloninya maka disitu terdapat gerombolan ubur-ubur.

Pemandangan bawah laut

Snorkeling Manta Point maka Anda bisa menyaksikan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Deretan terumbu karang serta ikan kecil yang berkeliaran akan memanjakan mata Anda. Untuk itu, Anda perlu membawa kamera air untuk mengabadikan pemandangan indah tersebut.

Menjumpai komodo

wisata komodo

Mengunjungi Manta Point maka Anda bisa sekaligus menjumpai hewan komodo. Pada saat Anda telah sampai di lokasi, maka Anda bisa menyaksikan secara langsung penampakan kadal raksasa dengan air liurnya yang mematikan. Meskipun jumlah komodo di pulau tersebut tidak sebanyak di Pulau Komodo.

Lokasi dan Rute Manta Point

Manta Point terletak di Pulau Komodo, Manggarai Barat, Nuta Tenggara Timur. Wisata ini tepatnya berada di pinggiran wilayah Bajo. Untuk menuju lokasi wisata ini Anda bisa menempuh perjalanan selama enam jam menggunakan kapal feri daru Pulau Bali. Jika diakses dari Pink Beach maka Anda hanya memerlukan waktu sekitar 25 menit saja dengan kapal kayu.

Jam operasional snorkeling Manta Point yaitu setiap hari dari jam 08.00 hingga 22.00. Jika ingin mengunjunginya, maka Anda akan dikenakan tiket masuk dengan kisaran harga puluhan ribu saja. Namun jika ingin snorkeling melihat Manta, maka Anda akan dikenakan biaya ratusan ribu lengkap dengan perlengkapan dan guidenya.

Di Manta Point ini Anda bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Meskipun baru pertama kali mencoba snorkeling Anda tidak perlu khawatir, karena ada tour guide yang siap untuk mendampingi Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa aman dan puas menikmati liburan.

Untuk informasi trip di Labuan Bajo maka Anda bisa menghubungi BAJO CREW TOUR yang beralamat di Jl. Serenaru, Gang Cuci Mobil, Kel. Wae Kelambu – Labuan Bajo. Untuk pemesanan paket wisata Anda bisa hubungi kami via WhatsApp di nomor +6281236798078. Dengan begitu, Anda bisa snorkeling Manta Point dengan mudah.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need help?