Tak Kalah Seru! Inilah Tips Wisata Backpacker Labuan Bajo

Dipublikasikan oleh incefuad pada

trip hemat labuan bajo komodo

Segudang aktivitas sehari-hari Anda, tentunya sangat melelahkan dan menimbulkan kepenatan, namun wisata backpacker dapat membantu Anda mengusir kepenatan tersebut. Jelas tidak ada salahnya jika sesekali Anda beristirahat dan menghilang dari kehidupan sehari-hari yang sangat menghabiskan waktu, menguras tenaga dan tentunya menguras pikiran juga, namun dengan cara yang hemat.

Berlibur sepertinya adalah kata wajib bagi Anda sang pekerja keras. Bukan lagi kebutuhan sekunder atau tersier, berlibur mungkin sudah menjadi kebutuhan primer. Jelas, berlibur penting dilakukan untuk Anda, agar terbebas dari stres akibat kegiatan sehari-hari. Tentunya kegiatan ini akan menyegarkan kembali pikiran Anda dan keluarga.

Namun, hampir sebagian orang berpendapat jika berlibur membutuhkan biaya yang cukup besar, jelas hal tersebut akan menyebabkan pemborosan. Tetapi, kegiatan berlibur yang selama ini terkesan hanya membuang-buang uang, bisa Anda tepis jika melakukan trip ala-ala backpacker. Ya, Anda tidak perlu khawatir, karena sudah banyak tempat yang menawarkan fasilitas bagi Anda yang ingin liburan ala backpacker.

Salah satu tempat yang menawarkan liburan ala backpacker adalah Labuan Bajo. Tempat yang memiliki kecantikan dan keindahan di setiap sudutnya ini banyak menyediakan fasilitas untuk Anda para backpacker. Paket wisata Labuan Bajo pun banyak ditawarkan oleh penyedia fasilitas. Siapa yang tidak mau? Selain berhemat, Anda akan memiliki banyak pengalaman baru yang tak terlupakan.

Pilih Makan di Warung yang Murah

Mengisi perut adalah hal terpenting lainnya saat berlibur. Anda harus pandai-pandai dalam memilih tempat makan. Anda harus memperhatikan kebersihannya dan juga rasa tentunya. Masalah harga juga harus diperhatikan. Tidak perlu mengunjungi restoran mewah yang biasa dikunjungi turis, karena jelas tempat tersebut memiliki harga yang selangit dan ini akan menghabiskan banyak budget.

wisata kuliner kampung ujung labuan bajo
sumber

Perihal kebersihan tempat sangat penting Anda perhatikan, dari tempat yang bersih, makanan juga akan terjamin kebersihannya sehingga Anda pun akan terbebas dari sakit perut yang biasa ditimbulkan jika makanan tidak higienis. Oh ya, warung makanan yang biasa dikunjungi warga lokal adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang melakukan wisata backpacker.

Di warung makan tersebut Anda juga bisa menggali dan mendapatkan banyak informasi mengenai Labuan Bajo dan tempat-tempat indah mana yang cocok, untuk dikunjungi oleh Anda para backpacker. Dengan merogoh kocek sebesar Rp15.000-Rp35.000 perut Anda sudah terisi penuh dan siap melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan selama berlibur.

Menginap di Homestay atau Hostel

Salah satu cara untuk memangkas biaya liburan, tentunya ada dalam hal memilih tempat penginapan. Akan sangat banyak berbagai jenis dan tipe penginapan Labuan Bajo. Cari dan pilihlah tempat yang sederhana seperti homestay atau hostel, karena jelas dua (2) tempat tersebut memiliki biaya sewa yang jauh berbeda dengan hotel atau pun resort.

Tentunya, tetaplah perhatikan kebersihan dan fasilitas homestay atau hostel tersebut. Walaupun memiliki biaya sewa yang rendah, kenyamanan tetap harus Anda dapatkan. Tidak mau kan jika liburan Anda rusak karena salah memilih penginapan? Jelas itu adalah mimpi buruk bagi para backpacker.

penginapan backpacker labuan bajo
sumber The Teuz B&B, Manggarai Barat

Capsule hotel, juga menjadi salah satu alternatif bagi Anda para backpacker. Hotel ini sudah tersebar di berbagai kota dan tempat wisata, juga Labuan bajo tentunya. Tidak perlu khawatir, fasilitas yang ditawarkan oleh capsule hotel pun tidak kalah bagusnya dengan hotel biasa, namun dengan penampakan yang lebih sederhana. Jadi, jangan sampai salah menentukan penginapan Labuan Bajo.

Sewa Motor Selama Liburan

Transportasi menjadi hal yang penting ketika Anda melakukan perjalanan liburan. Anda juga harus pandai-pandai mengatur biaya transportasi saat berada di Labuan Bajo. Tidak sedikit orang yang terkadang lepas kendali dalam mengontrol biaya pengeluaran transportasi. Jika salah dalam memilih moda transportasi, Anda jelas akan kehabisan banyak biaya saat melakukan perjalanan.

Transportasi umum biasanya menjadi pilihan yang tepat bagi Anda pelaku wisata backpacker, karena biasanya transportasi umum ini memiliki biaya yang murah dan juga melewati berbagai destinasi wisata. Namun sayangnya trayek dan jumlah transportasi umum di Labuan Bajo belum terlalu banyak, sehingga Anda harus memilih alternatif transportasi lainnya.

Menyewa motor adalah pilihan yang tepat saat Anda berada di Labuan Bajo, bukan hanya harganya yang murah, yaitu hanya sebesar Rp50.000 per hari. Anda juga dapat mengunjungi berbagai tempat di Labuan Bajo, tanpa perlu pusing memikirkan trayek angkutan umum mana yang akan melewatinya. Jangan lupa mematuhi peraturan lalu lintas, jika Anda tidak mau terkena masalah saat berlibur.

Living on Boat (LoB) di Kapal Sederhana

Tentunya banyak pilihan paket trip Labuan Bajo yang tersedia, dan biasanya memiliki biaya yang cukup murah sehingga cocok untuk liburan ala backpacker. Living on Boat (LoB) di kapal yang sederhana akan membantu Anda dalam memangkas biaya liburan Anda. Namun Anda harus selektif dalam memilih kapal tersebut, agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan.

Living on Boat atau LoB merupakan cara yang paling ringkas bagi Anda para backpacker. Karena Anda akan mendapatkan makanan, tempat istirahat serta diantarkan keliling pulau hanya dengan biaya sebesar Rp1.600.000 per orang untuk berwisata selama empat hari tiga malam di perairan TN Komodo.

Namun tentu saja, jelas ada harga dan ada kualitas. Dengan harga tersebut, Anda harus siap-siap berwisata dengan sekitar 25 orang lainnya dalam satu kapal tersebut. Jangan berkecil hati, hal tersebut mengasyikan bukan? Selain pengalaman, Anda juga akan mendapatkan banyak teman baru yang tentunya memiliki ceritanya masing-masing. Pilihlah paket trip Labuan Bajo yang sesuai dengan Anda.

Sewa Kapal Bemo

Nah untuk Anda yang tidak memilih paket wisata Labuan Bajo selama berlibur, Anda harus pandai-pandai mengatur keuangan bukan? Sewa kapal saat berada di Labuan Bajo merupakan pengeluaran tertinggi diantara kebutuhan lainnya. Karena kapal-kapal tersebut akan membantu Anda mengunjungi Pulau Komodo, hoping islands dan melakukan snorkeling.

Kapal termurah yang dapat Anda para backpacker pilih adalah kapal kayu klotok atau biasa disebut kapal bemo. Dengan biaya sebesar Rp2.000.000 Anda sudah dapat menyewanya selama sehari penuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Pastikan Anda sudah merencanakan keberangkatan dan kepulangan dengan baik. Kapal ini bisa digunakan oleh 8 orang, sehingga biayanya hanya sebesar Rp250.000 per orang.

Untuk dapat menyewa kapal jenis tersebut dengan harga termurah, Anda dapat langsung pergi ke pelabuhan kapal wisata. Di sana Anda akan disuguhkan oleh banyak pilihan kapal-kapal dengan berbagai variasi. Tidak ada salahnya jika Anda menawar harga kapal bemo agar lebih berhemat. Oh, jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen Anda saat berada di kapal bemo ini ya!

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan backpacker ke Labuan Bajo dengan mudah dan murah, Anda bisa percayakan pada kami Bajo Crew Tour. Langsung saja hubungi kami di nomor +6281236798078 untuk WhatsApp yang beralamat Jl. Serenaru. Gang Cuci Mobil, Kel. Wae Kelambu – Labuan Bajo untuk mendapatkan pengalaman wisata backpacker yang berkesan.

Kategori: blog wisata

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to [email protected]

× Need help?