Pembangunan Fasilitas Pariwisata Pulau Rinca Menyambut Lonjakan Wisatawan 2023

Dipublikasikan oleh incefuad pada

pink beach komodo

Untuk menyambut pertemuan G-20 di tahun 2023, pemerintah telah merencanakan area wisata Labuan Bajo untuk dijadikan wisata premium. Pembangunan gencar dilakukan di beberapa pulau termasuk pembangunan fasilitas pariwisata Pulau Rinca.

Pembangunan ini dilakukan untuk melengkapi sarana dan prasarana wisata serta untuk menunjang fasilitas wisata yang layak dan indah. Untuk keperluan pembangunan di Pulau Rinca, secara resmi pulau ini ditutup sementara guna kelancaran proses konstruksi.

Untuk menghindari adanya kecelakaan kerja yang bisa berdampak negatif terhadap keselamatan pekerja dan komodo, briefing harian selalu dilakukan secara konsisten oleh pekerja, petugas, dan pengawas.

Pembangunan di Pulau Rinca

Pembangunan utama di Labuan Bajo dilakukan untuk pembuatan jalan, trotoar, pembangunan fasilitas wisata seperti kios cinderamata, toilet, mushola, pusat informasi, dll. Sumber dana yang digunakan didapat dari pemerintah.

Untuk pembangunan fasilitas pariwisata Pulau Rinca, pemerintah mengeluarkan dana sebesar 21,25 milyar rupiah untuk sarana dan prasarana. Untuk reservoir SPAM, dana yang dikucurkan sebesar 2,41 milyar rupiah. Sedangkan untuk pembangunan pengaman Pantai Loh biaya dananya sekitar 46,3 milyar rupiah.

Dana ini dinilai sangat tinggi tetapi pemerintah memang berambisi untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata utama di tahun-tahun mendatang. Untuk Pulau Rinca, daerah ini digadang-gadang akan menjadi ‘Jurassic Park’-nya Indonesia.

Rincian pembangunan infrastruktur di Pulau Rinca meliputi:

1.     Jalan Gertak Elevated

Jalan yang akan dibangun ini akan memiliki luas 3.055 m2. Jalan ini akan berfungsi sebagai penghubung ke dermaga, pusat informasi, dan penginapan.

Jalan ini dirancang untuk menjadi akses penghubung tanpa mengganggu aktivitas komodo dan hewan lain yang tinggal di Pulau Rinca. Hal ini disesuaikan dengan fungsi Labuan Bajo sebagai tempat konservasi komodo sebagai hewan yang dilindungi.

2.     Penginapan

Kawasan penginapan akan dibangun untuk petugas ranger, pemandu wisata, dan peneliti dengan luas 1.510 m2.

3.     Pusat Informasi

Pusat informasi akan dibangun untuk memberikan informasi ke pengunjung mengenai area-area wisata yang bisa dikunjungi dan tips-tips seputar pariwisata di Pulau Rinca. Pusat informasi yang akan dibangun memiliki luas 3.895 m2.

pusat informasi Pulau Rinca
Sumber : https://properti.kompas.com/read/2020/09/16/125033621/rencana-pemerintah-menyulap-pulau-rinca-jadi-jurassic-park-tuai-kecaman?page=all

4.     Pos Jaga

Pos jaga dibuat untuk keamanan wisata dengan luas 126 m2.

5.     Sistem Pengelolaan Air Minum

SPAM dibangun dengan memasang perpipaan di area Pulau Rinca dengan panjang 550 m.

6.     Reservoir

Area reservoir akan dibangun dengan luas 144 m2 dan kapasitas 50 m3.

7.     Pengaman Pantai

Pengaman pantai yang akan dibangun memiliki panjang 100 m. Pengaman pantai ini nantinya akan berfungsi sebagai jalan setapak untuk akses keluar masuknya pengunjung ke kawasan Pulau Rinca.

8.     Dermaga

Untuk dermaga, pembangunan yang dilakukan seluas 400 m2 dengan panjang 100 m dan lebar 4 m.

dermaga Pulau Rinca
Sumber : Sumber : https://properti.kompas.com/read/2020/09/16/125033621/rencana-pemerintah-menyulap-pulau-rinca-jadi-jurassic-park-tuai-kecaman?page=all

Walaupun pembangunan telah dilakukan, banyak protes dilayangkan ke pemerintah karena pembangunan di Pulau Rinca dirasa tidak perlu. Para pemrotes takut habitat alami komodo akan terancam.

Mereka juga beranggapan bahwa pembangunan dirasa tidak perlu karena wisata komodo sudah merupakan wisata premium yang menyajikan keaslian alam Indonesia dengan keeksotisan hewan komodo.

Namun, pemerintah merencanakan pembangunan ini agar Labuan Bajo dapat menyerap banyak wisatawan saat terjadi lonjakan pengunjung selama pertemuan G-20.

Pemerintah juga berhati-hati agar pembangunan dapat berjalan dengan baik tanpa merusak alam maupun komodo yang tinggal di dalamnya.

Kesan Mewah Pulau Rinca

Dari desain pembangunan Pulau Rinca, banyak orang memberikan kesan mewah pada bangunan yang akan dibangun ini. Hal ini dapat dilihat dari bangunan utama berupa dua lantai dan jalan penghubung yang dibangun tinggi di atas tanah.

Pembangunan Fasilitas Pariwisata Pulau Rinca

Selain itu, terdapat area terbuka hijau di tengah-tengah bangunan yang memungkinkan pengunjung bisa melihat komodo secara langsung. Desain bangunan dibuat terintegrasi dan tidak mengganggu habitat komodo.

Dengan desain bangunan ini, habitat komodo bisa terjaga dan pengunjung bisa menikmati pemandangan tanpa khawatir akan keselamatan mereka.

Fasilitas Penginapan Peneliti

Fasilitas penginapan merupakan fasilitas yang dapat menjadi tempat menginap bagi ranger (polisi hutan), pemandu wisata, dan peneliti. Pembangunan ini mendapat apresiasi karena menyediakan tempat menginap khusus bagi peneliti.

Adanya peneliti diharapkan akan meningkatkan aktivitas penelitian di Pulau Rinca, sehingga pelestarian habitat komodo dan hewan-hewan lain di pulau ini bisa maksimal.

Persiapan Wisata ke Pulau Rinca

Bagi kamu yang ingin berwisata ke Pulau Rinca dan melihat komodo secara langsung, maka kamu harus bersabar menunggu sampai pembangunan di pulau ini selesai. Sembari menunggu, kamu bisa melakukan beberapa hal, di antaranya adalah:

Menyiapkan Dana

Pembangunan Pulau Rinca direncanakan akan selesai pada bulan Maret tahun ini. Namun, penyelesaian pengerjaan bisa saja mundur dari rencana awal.

Kamu bisa mempersiapkan dana terlebih dahulu dengan menabung, agar saat Pulau Rinca dibuka kamu sudah memiliki uang yang cukup untuk mengikuti paket wisata Labuan Bajo.

9.     Menyiapkan Planning Trip

Kamu bisa menyiapkan trip kamu dengan merencanakan spot-spot wisata yang ingin kamu kunjungi. Kamu juga bisa membagi skala prioritas wisata untuk di darat atau di laut. Atau, kamu juga bisa menggabungkan keduanya.

Untuk trip di laut dengan kegiatan berenang atau menyelam, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan trip dengan menginap di kapal.

Paket sewa kapal Labuan Bajo dengan lama perjalanan 3 hari 2 malam biasanya menyediakan fasilitas tempat menginap, makanan dan beberapa pulau yang akan dikunjungi selama perjalanan. Ini bisa menjadi pilihan jika kamu menyukai trip laut.

10.  Mengajak Teman atau Keluarga

Untuk paket wisata Labuan Bajo yang lebih hemat, kamu sebaiknya melakukan perjalanan dalam rombongan. Hal ini guna menghemat biaya perjalanan, penginapan, dan biaya sewa kapal.

Kamu bisa mengajak teman atau keluarga jauh-jauh hari, sehingga saat Pulau Rinca selesai tahap pembangunannya dan dibuka untuk wisatawan, kamu bisa berkunjung dengan rombongan kamu. Selain menghemat biaya, bepergian bersama rombongan akan jauh lebih menyenangkan.

11.  Merencanakan Cuti

Jika kamu berencana untuk melakukan trip Labuan Bajo saat Pulau Rinca dibuka, kamu sebaiknya merencanakan cuti dari awal. Jangan mengambil jatah cuti terlebih dahulu dan simpanlah untuk liburan ke Pulau Rinca di bulan-bulan mendatang.

Dengan jatah cuti yang utuh, kamu bisa memanfaatkannya untuk liburan penuh di Pulau Rinca. Liburan penuh akan membuat kamu lebih puas karena bisa mengeksplor keindahan seluruh area Taman Nasional Komodo.

Pembangunan fasilitas pariwisata Pulau Rinca terus dilakukan agar siap menyambut G-20. Pertemuan dengan berbagai pihak terus dilakukan agar arah pembangunan sesuai dengan tujuan awal konservasi komodo.

Bagi kamu yang melakukan wisata Labuan Bajo, kamu tidak perlu khawatir karena paket wisata banyak tersedia dengan beragam harga. Paket wisata ini bisa dipilih dari yang privat sampai yang paket rombongan.

Harga untuk tiap paket berbeda-beda sesuai dengan fasilitas di dalamnya. Fasilitas yang disediakan di antaranya adalah penjemputan dari bandara, fasilitas penginapan, fasilitas biaya tiket masuk, hingga fasilitas biaya sewa kapal dan pemandu wisata.

Untuk memilih paket, kamu bisa menyesuaikannya dengan fasilitas yang kamu inginkan serta budget yang kamu miliki.

Kategori: blog wisata

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to [email protected]

× Need help?