Kebutuhan Wisata New Normal Tahun 2021 di Labuan Bajo

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Untuk kamu yang ingin melakukan paket wisata Labuan Bajo tahun 2021, kamu tidak usah khawatir karena tempat wisata ini masih dibuka walaupun dengan pembatasan jumlah pengunjung. Kebutuhan wisata new normal tahun ini diprediksi akan tetap ada walaupun tidak banyak.

Infrastruktur di Labuan Bajo terutama di pulau-pulau utama memang sedang dilakukan pembenahan, namun beberapa spot wisata masih dibuka untuk pengunjung sehingga kamu tetap bisa merencanakan perjalananmu kesini.

Wisata New Normal Labuan Bajo

Keadaan pandemi mengharuskan area wisata untuk banyak berbenah, terutama untuk fasilitas umum seperti toilet dan rumah sakit. Fasilitas toilet haruslah bersih dan memadai dan di setiap akses masuk harus disediakan tempat untuk mencuci tangan bagi pengunjung dan petugas.

Selain itu, pembatasan pengunjung juga diberlakukan di area wisata Labuan Bajo untuk mencegah persebaran virus corona. Social distancing harus selalu dilakukan oleh pengunjung. Oleh karena itu, paket wisata pun dibatasi hanya dengan jumlah sedikit dan tidak menerima paket dalam jumlah banyak.

pulau kelor
trip labuan bajo di pulau kelor

Keadaan new normal ini membuat banyak orang semakin selektif memilih zona wisata. Mereka lebih mementingkan faktor kesehatan dibandingkan daya tarik eksotis wisata itu sendiri.

Oleh karena itu, Labuan Bajo terus melakukan peningkatan fasilitas dan layanan untuk memberikan yang terbaik bagi wisatawan yang berkunjung ,sehingga mereka bisa merasakan keamanan saat berwisata.

Target jumlah wisatawan yang berkunjung saat new normal di Labuan Bajo adalah 1,6 juta orang. Walaupun merupakan zona hijau, jumlah wisatawan di Labuan Bajo tetap dibatasi per harinya untuk mencegah peningkatan pasien positif Covid-19..

Kebutuhan wisata new normal ini lebih mementingkan pembatasan jumlah wisatawan untuk mencegah gelombang baru melonjaknya angka pasien Covid-19.

Protokol Kesehatan Wisata New Normal

Untuk mematuhi protokol kesehatan wisata new normal wisata Labuan Bajo 2021, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1.     Mengecek Ketersediaan Jadwal

Sebelum kamu merencanakan liburan ke Labuan Bajo, sebaiknya kamu mengecek ketersediaan jadwal. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan jumlah pengunjung yang memasuki kawasan wisata Labuan Bajo.

2.     Pemesanan Trip dengan Jumlah Sedikit

Agar lebih aman, jangan merencanakan liburan bersama keluarga atau teman dalam jumlah yang besar, karena kamu harus selalu menjaga social distancing. Aturlah wisata kamu dengan sedikit orang saja agar lebih aman.

3.     Menghindari Spot yang Ramai

Untuk beberapa spot wisata yang sangat ramai pengunjung sebaiknya dihindari agar tidak terjadi kerumunan orang dalam jumlah yang banyak. Kamu bisa memilih beberapa spot yang tidak terlalu ramai namun tetap memiliki keindahan alam yang eksotis.

Beberapa pilihan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di antaranya Manta Point, Pulau Padar, dan Pantai Pink.

4.     Menjaga Jarak Aman 1 Meter

Jarak aman 1 meter harus selalu kamu patuhi dan hindari berdekatan dengan orang. Jika kamu harus antri dengan jumlah orang yang banyak kamu bisa berganti toko atau tempat lain, untuk menghindari jarak yang terlalu dekat di tengah kerumunan orang.

5.     Selalu Menggunakan Masker

Gunakanlah selalu masker di manapun kamu berada, karena masker dapat mencegah persebaran virus corona. Jika kamu menggunakan masker sekali pakai, sebaiknya kamu langsung menggantinya saat hari kedua.

Untuk keamanan yang lebih, gunakan masker standar yang memiliki perlindungan maksimal. Walaupun kamu bepergian dengan jarak dekat, selalu gunakan masker untuk keamanan kamu.

6.     Membawa Hand Sanitizer

Membawa hand sanitizer penting agar kamu bisa mencuci tangan setelah pulang dari tempat umum, ataupun setelah menyentuh barang di tempat umum.

7.     Memasang Set Snorkeling dan Diving Sendiri

Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, kamu harus selalu berhati-hati agar tidak bersentuhan  dengan orang lain. Pemasangan set snorkeling maupun diving sebaiknya kamu lakukan sendiri dan jika membutuhkan bantuan petugas, pastikan tidak bersentuhan kulit secara langsung.

Selain itu, kamu sebaiknya mengelap peralatan diving atau snorkeling terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Kamu bisa menggunakan tisu basah atau menyemprotnya dengan hand sanitizer.

8.     Melakukan Swab Test

Sebelum melakukan trip Labuan Bajo kamu harus melakukan swab test Covid-19 untuk memastikan kamu negatif. Jika hasil tes negatif, jangan lupa untuk membawa hasil tes saat berkunjung karena akan dilakukan pengecekan sebelum memasuki area wisata.

9.     Mematuhi Protokol Kesehatan Labuan Bajo

Di semua area wisata Labuan Bajo diterapkan protokol khusus untuk menangani wisatawan yang datang berkunjung. Saat kamu berwisata kesini kamu harus selalu mematuhi protokol kesehatan yang diberikan petugas wisata agar bisa melakukan perjalanan dengan aman.

Pilihan Destinasi Wisata Labuan Bajo

Kebutuhan wisata new normal yang bertambah dapat diantisipasi dengan baik di Labuan Bajo, dengan penetapan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan jumlah pengunjung. Untuk kamu yang ingin berlibur kesini, beberapa spot wisata ini bisa menjadi referensi.

Pulau Komodo

Pulau Komodo masih menjadi destinasi utama trip Labuan Bajo dengan menyuguhkan trekking hutan. Kamu bisa melakukan trekking dengan dipandu oleh ranger untuk melihat komodo secara langsung.

Selain trekking di pulau, kamu bisa melakukan snorkeling atau menyelam di pantai sekitar pulau dengan keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Terdapat beberapa lumba-lumba, terumbu karang dengan ikan kecil warna-warni, hiu, dan paus yang bisa dilihat di sini.

Pantai Pink

Pasir pantai yang berwarna pink merupakan hasil alami dari serpihan batu karang yang terbawa arus laut. Kamu bisa melakukan selfie di sini dengan pemandangan pantai yang berwarna pink.

pink beach

Selain itu, airnya pun cukup jernih sehingga kamu bisa berenang ataupun melakukan snorkeling sambil melihat ikan di bawah laut.

Pulau Kalong

Pulau Kalong merupakan tempat tinggal dari berbagai macam kelelawar. Jenis kelelawar ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Agen wisata biasanya memberikan pilihan trekking ke Pulau Kalong untuk melihat kalong secara langsung.

kalong island

Pulau Padar

Pulau Padar merupakan destinasi trekking yang menantang bagi wisatawan. Tangganya masih terbuat dari kayu sehingga kamu harus hati-hati saat naik ke atas puncak pulau.

pulau padar

Saat di puncak pulau, kamu bisa berfoto dengan pemandangan pantai yang indah yang dilihat dari atas. Kamu bisa melihat pasir putih membentang indah dengan kejernihan air laut yang menyilaukan mata.

Manta Point

Manta point merupakan tempat diving paling populer di kalangan wisatawan karena mereka bisa melihat ikan pari manta secara langsung. Ukurannya cukup besar sekitar 4-5 meter dengan ciri punggung berwarna hitam dan bagian perut berwarna putih.

taka makassar manta point (1)

Ikan ini cukup jinak dan tidak akan menghindar pergi saat melihat manusia sehingga kamu bisa menghabiskan waktu berenang dengan pari manta saat menyelam di Manta Point.

Pulau Kelor

Pulau ini menawarkan bukit dengan banyak rerumputan. Kamu bisa melakukan trekking santai sambil berfoto di atas bukit. Pemandangan dari atas pulau sangat indah dan kamu bisa mengabadikannya dengan foto ataupun video.

paket trip labuan bajo

Wisata new normal dapat berjalan dengan baik dengan adanya protokol kesehatan yang ketat dan dipatuhi oleh semua orang. Kamu harus selalu menjaga kesehatan dan memperhatikan kebersihan di manapun kamu berada, guna mencegah persebaran virus corona.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to [email protected]

× Need help?