Keadaan Pariwisata Labuan Bajo Pasca Covid-19

Dipublikasikan oleh incefuad pada

pariwisata labuan bajo pasca covid

Keadaan pariwisata Indonesia setelah adanya Covid-19 tidak sama lagi, karena banyaknya lockdown serta perintah dari pemerintah untuk menutup sementara lokasi wisata. Pariwisata Labuan Bajo pasca Covid-19 juga berbeda tidak seperti dahulu.

Penetapan protokol kesehatan menjadi sangat diperketat dan penurunan wisatawan sangat drastis, karena pembatasan orang yang boleh memasuki area wisata. Selain itu banyak hal di area wisata, khususnya di Labuan Bajo, yang harus dibenahi sesuai instruksi dari Presiden.

Labuan Bajo Pasca Covid-19

Berikut beberapa keadaan yang terlihat jelas di pariwisata Labuan Bajo pasca Covid-19:

  • Infrastruktur Kesehatan Diharapkan Dibangun Lebih Lengkap

Hal ini untuk memenuhi tantangan pasca Covid-19. Labuan Bajo harus berbenah secara rapi dan baik agar memberikan layanan kesehatan terbaik kepada pengunjung. Hal ini menjadi kebutuhan dasar mengingat angka penderita Covid-19 yang terus bertambah.

Jika sewaktu-waktu terdapat wisatawan yang terkena Covid-19, area wisata siap menampung dengan fasilitas kesehatan serta petugas kesehatan yang lengkap. Hal ini untuk mencegah persebaran lebih lanjut dan untuk menjaga kepercayaan wisatawan akan keamanan berwisata.

  • Protokol Kesehatan Diatur Ketat

Protokol kesehatan tidak bisa dilonggarkan dan harus dipenuhi secara ketat untuk menghindari adanya persebaran virus Covid-19. Protokol ini harus dipatuhi oleh penyelenggara wisata di Labuan Bajo serta pengunjung yang datang.

Pariwisata Labuan Bajo pasca Covid-19
Photo by Govind Krishnan on Unsplash

Mereka yang tidak mematuhi protokol kesehatan dilarang untuk memasuki area wisata. Peraturan ini tidak ada pengecualian meskipun untuk wisatawan yang datang dari jauh.

  • Tidak Ada Layanan Premium

Tidak ada lagi layanan premium dalam hal penyelaman di area Labuan Bajo seperti dahulu. Pelayanan ini meliputi pemasangan alat selam dan alat pernafasan oleh staf pariwisata.

Dengan adanya Covid-19, pengunjung diwajibkan memakai peralatan selam sendiri dan mencuci sendiri setelah memakainya untuk menghindari virus menyebar melalui alat selam. Selain menghindari persebaran virus, pengunjung sekaligus belajar untuk lebih mandiri saat berwisata.

Anjuran Pemerintah Pusat

Pariwisata Labuan Bajo pasca Covid-19 memang berbeda dan harus segera berbenah. Namun, selain itu, arahan dari pemerintah pusat juga mengharuskan Labuan Bajo untuk melakukan perbaikan di beberapa area, di antaranya:

  • 1. Pengurangan Sampah Plastik

Sampah plasik menjadi permasalahan utama untuk menjaga alam tetap bersih. Plastik merupakan bahan yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat diuraikan. Hal ini menjadi kerugian besar bagi alam jika plastik terhanyut ke laut ataupun dibuang di tanah.

Oleh karena itu, pemerintah pusat mengharapkan adanya pembenahan aturan yang melarang adanya penggunaan botol sekali pakai di area wisata Labuan Bajo. Hal ini untuk menjaga alam tetap lestari sehingga alam yang indah ini bisa dinikmati oleh anak cucu selanjutnya.

  • 2.     Tidak Melempar Jangkar di Area Mooring Buoy

Mooring Buoy merupakan area konservasi terumbu karang dan banyak jenis ikan terumbu karang yang hidup dengan baik di sini. Hal ini menjadi kekayaan alam di area Taman Nasional Komodo sekaligus menjadi spot menyelam yang bagus untuk wisatawan.

Untuk menjaga kekayaan alam bawah laut yang indah ini, jangkar kapal diharapkan tidak dilempar di area ini sehingga tidak merusak terumbu karang yang ada. Hal ini diperuntukkan untuk kapal lokal maupun kapal asing yang berada di area Taman Nasional Komodo.

Dengan area bawah laut yang terjaga, berkunjung ke Labuan Bajo akan lebih menyenangkan.

Tips Berwisata ke Labuan Bajo

Jika kamu ingin melakukan trip Labuan Bajo, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • 1. Melakukan Swab Test Terlebih Dahulu

Swab test sangat penting untuk mengetahui apakah kamu positif terkena Covid-19 atau tidak. Jika kamu negatif, kamu bisa pergi ke area wisata ini. Melakukan trip Labuan Bajo memang mengharuskan kamu memiliki bukti tes yang menandakan kamu negatif.

  • 2. Mematuhi Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan seperti memakai masker dan selalu mencuci tangan menjadi hal utama yang harus dilakukan. Kamu juga harus menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

  • 3.  Mengambil Tour Wisata Jumlah Kecil

Saat kamu memesan paket tour wisata, pastikan kamu memilih yang jumlah wisatawannya sedikit untuk menghindari adanya kerumunan dengan banyak orang. Hal ini penting mengingat angka penderita Covid-19 masih bertambah di Indonesia.

Open Trip Labuan Bajo
Open Trip Labuan Bajo
  • 4.  Menyiapkan Barang yang Dibawa

Persiapan baju dan peralatan yang akan kamu bawa harus dilakukan jauh-jauh hari agar kamu bisa melakukan trip wisata dengan lancar. Dengan persiapan yang matang, kamu tidak akan mengalami banyak kendala di lokasi wisata.

Barang keperluan yang dibawa ini termasuk baju, kamera, ponsel, obat-obatan khusus (jika kamu memiliki alergi atau penyakit tertentu), dan barang lain seperti sepatu dan sandal.

  • 5.     Mengabari Selalu Keadaan Kamu ke Keluarga

Berikan selalu kabar terbaru kamu kepada keluarga agar mereka mengetahui keberadaan kamu. Hal ini sangat penting karena kamu akan sangat memerlukan bantuan mereka jika kamu mengalami kendala di perjalanan atau sakit.

Dengan kabar yang selalu update, akan mengurangi rasa khawatir keluarga.

  • 6.     Meminum Vitamin

Di tengah pendemi ini, menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Di sela-sela perjalanan kamu, kamu bisa mengonsumsi vitamin agar tubuh mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh.

  • 7.  Makan Makanan Bergizi

Jangan sering memakan fast food dan carilah restaurant atau rumah makan yang menyediakan menu lebih bervariatif sehingga kamu mendapatkan nutrisi dan gizi yang cukup. Hal ini untuk memberikan kesehatan dan ketahanan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit.

  • 8.  Menghindari Berjabat Tangan dengan Orang Lain

Orang Indonesia dikenal ramah, dan saat berkenalan dengan orang lain biasanya akan berjabat tangan. Hal ini untuk sementara sebaiknya kamu hindari walaupun hanya untuk sekedar menjaga kesopanan. Covid-19 masih belum terkendali dan sentuhan fisik sebaiknya dihindari.

Kamu bisa mengganti sapaan atau kenalan dengan orang baru dengan gesture menganggukkan kepala. Walaupun tidak bersentuhan tangan, kamu masih bisa mengobrol dengan nyaman jika saling menghargai dan tetap melakukan social distancing.

  • 9.  Membawa Hand Sanitizer Kemana-mana

Walaupun kamu sudah memasang masker dan mematuhi protokol kesehatan, akan lebih bagus jika kamu membawa hand sanitizer kemanapun kamu pergi. Hal ini untuk menghindari adanya persebaran virus, sehingga kamu bisa memastikan bahwa tangan kamu steril bebas dari virus.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan alat menyelam, terutama alat pernafasan, sebelum menggunakannya untuk memastikan alat aman dipakai.

Dengan mematuhi semua protokol kesehatan yang diberikan, kamu bisa melakukan trip Labuan Bajo dengan aman dan nyaman. Banyak tempat wisata yang menarik di Labuan Bajo yang bisa kamu kunjungi untuk refreshing dan menyejukkan mata.

Pariwisata Labuan Bajo pasca Covid-19 memang tidak sama lagi. Namun, dengan perencanaan yang matang dan disiplin mematuhi protokol, kamu tetap bisa menikmati liburan kamu. Selalu jaga kesehatan dan kondisi badan agar tetap memiliki ketahanan tubuh yang kuat.  

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to [email protected]

× Need help?