Lokasi dan Daya Tarik Destinasi Wisata Gua Rangko Labuan Bajo

Dipublikasikan oleh incefuad pada

gua rangko labuan bajo

Namanya memang gak sepopuler Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pink Beach yang pasti selalu ada di itinerary paket wisata Labuan Bajo. Tapi bukan berarti destinasi Gua Rangko Labuan Bajo bisa kamu sepelekan. Justru ada pesona alam dan keunikan yang belum tentu kamu temui di tempat lain.

Lokasi dan Akses ke Gua Rangko Labuan Bajo

Gua Rangko Labuan Bajo berlokasi di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Butuh sekitar 1 jam perjalanan dari Labuan Bajo ke Desa Rangko lewat jalur darat.

Untungnya, jalan menuju destinasi sudah beraspal jadi lebih gampang dilalui. Kalau kamu traveler mandiri, maka bisa menyewa kendaraan, tapi bagi yang gak mau ribet ya gunakan saja agen perjalanan.

Selama menuju Gua Rangko, kamu bakal dimanjakan pemandangan bukit-bukit khas Labuan Bajo. Saat sampai di Desa Rangko bukan berarti gua sudah dekat, lho ya. Kamu harus ganti naik kapal yang butuh sekitar 40 menit ke dermaga.

Biaya sewa kapal pulang-pergi sekitar Rp200.000-an. Mungkin bisa lebih murah kalau kamu berangkat rame-rame atau ikut travel agent.

kapal menuju gua rangko

Perjalanan yang sebenarnya baru dimulai nih setelah kamu turun di dermaga. Pastikan kondisi kamu lagi fit karena trekking ke mulut Gua Rangko butuh tenaga ekstra untuk menaklukan jalur yang licin dan berbatu.

Trekkingnya sih gak lama, cuma sekitar 15 menit. Pertama, kamu harus melewati jembatan kayu panjang. Kalau kamu melongok ke bawah, sangking jernihnya air laut sampai koral dan ikan-ikan kecil pun kelihatan.

Setelah sampai di ujung jembatan, kamu bakal masuk ke area hutan, area bebatuan dan tebing-tebing yang kadang licin sehingga kudu ekstra hati-hati. Capek sih, tapi saat sudah di mulut gua dijamin akan takjub sama viewnya.

Wisatawan yang datang gak dikenai biaya masuk alias gratis. Destinasi Gua Rangko memang masih alami banget dan siapapun bebas ke sana. Paling kamu butuh keluar duit buat biaya transportasi saja.

Apa yang Menarik di Gua Rangko? 

1.   Kolam Alami

Rangko termasuk gua horizontal karena mulut guanya mendatar, jadi cukup gampang buat dimasuki. Tapi kamu harus tetap hati-hati karena beberapa batuannya ada yang runcing dan licin.

Saat berada di dalam gua, kamu langsung disuguhi kolam air asin berwarna biru. Kolam alami inilah yang menyebabkan Gua Rangko Labuan Bajo jadi populer. Airnya asin karena memang asalnya dari laut.

Air kolam Gua Rangko jernih banget, lho dan warna birunya kelihatan cantik. Biar bisa lihat pemandangan kolam yang paling keren, kamu wajib datang antara jam 12 siang sampai 3 sore.

Dijamin kamu bakal tergoda nyemplung ke dalam untuk berenang dan berendam lama-lama. Selain itu, air kolam juga segar dan terasa sejuk di badan. Suasana gua yang tenang mendukung banget deh buat relaksasi.

Ukuran kolam Gua Rangko termasuk sempit. Pada salah satu sisinya, ada lorong yang gelap karena cahaya matahari gak tembus sampai sana. Jadi, jangan sampai kebablasan renang ke lorong gelap itu ya, bahaya! 

2.   Stalaktit dan Stalagmit Gua Rangko

Sama seperti gua-gua lain, Rangko juga dipenuhi stalaktit dan stalagmit. Bagi yang lupa, stalaktit itu batuan lancip yang ada di langit-langit gua sedangkan stalagmit kebalikannya yaitu batuan lancip yang menonjol dari lantai gua.

Bentuk stalaktit Gua Rangko gak beraturan dan ukurannya jarang ada yang panjang sampai permukaan kolam. Hal itu justru menguntungkan karena kamu gak perlu takut kebentur selama berenang.

gua rangko labuan bajo

Kalau mau melihat stalagmit Gua Rangko, kamu harus berani nyelam ke bawah. Tapi tenang aja karena kolam alaminya gak terlalu dalam sekitar 3 – 4 meter. Ukuran stalagmit di dasar kolam cukup bervariasi dan beberapa pucuk stalagmit ada yang mencuat ke permukaan air.

Selain batuan lancip, kamu juga bakal melihat pecahan koral putih di dasar kolam. Batuan landai pun ada sehingga harus waspada kalau-kalau permukaannya licin saat diinjak kaki.

3.   Spot Foto yang Eksotis

Gak perlu didebat kalau Gua Rangko memang punya view yang keren abis. Setiap sudutnya dihiasi batuan stalagmit dan stalaktit yang bentuknya unik. Ditambah lagi air kolam yang jernih dan berwarna kebiruan merupakan background eksotis yang perlu kamu jepret berkali-kali.

Kalau sinar matahari lagi bagus-bagusnya, air kolam akan terlihat lebih cantik, lho! Kamu bisa berpose sambil mengapung atau bersandar di batu yang ada di pinggiran kolam.

Cahaya matahari yang masuk lewat celah-celah gua bisa kamu manfaatkan untuk menambah kesan majestik pada foto kamu. Mirip-mirip lah kayak ‘cahaya surga’ di Gua Jomblang.

Pengen underwater photo? Bisa banget! Gak kalah bagus karena ada batuan lancip khas gua yang menjadi properti foto asli buatan alam. Sangking jernihnya air kolam, hasil jepretan underwater kamu dijamin anti ngeblur.

Bagian bibir gua juga merupakan the next iconic spot di Gua Rangko. Kolam gua dan stalaktit akan jadi background sempurna yang pasti instagenic banget deh. 

4.   Keindahan Alam Sekitar

Gua Rangko Labuan Bajo berada di lingkungan yang masih terjaga banget keasriannya. Terlebih lagi, belum banyak wisatawan yang datang ke sana. Alhasil, kamu akan mendapati alam yang bersih, tenang dengan udara yang segar.

Landscape berupa pepohonan hijau, tebing khas Labuan Bajo dan perairan biru merupakan view cantik dan gratis untuk kamu nikmati. Tapi perlu diingat, walaupun Gua Rangko buka 24 jam sebaiknya jangan datang setelah jam 3 sore karena gua sudah mulai gelap.

Tips Liburan ke Gua Rangko

Bagi yang berencana ngelist Gua Rangko dalam paket wisata Labuan Bajo, maka tips berikut ini penting untuk diperhatikan agar pengalaman liburan kamu di sana menjadi lebih seru:

  • Pastikan datang ke sana beramai-ramai dan ditemani oleh pemandu lokal agar perjalanan lebih aman.
  • Kalau gak mau ribet, maka sewa saja jasa agen perjalanan yang memasukkan Gua Rangko dalam itinerary mereka.
  • Datanglah sewaktu kondisi kamu lagi sehat karena butuh waktu dan tenaga yang dikeluarin untuk sampai di gua.
  • Pakailah alas kaki yang paling nyaman dan anti slip.
  • Pastikan perlengkapan untuk berenang sudah kamu bawa karena belum ada fasilitas persewaan di Gua Rangko.
  • Jangan lupa bawa perbekalan yang cukup karena gak ada warung sama sekali di kawasan gua.
  • Bawalah kamera underwater biar bisa foto dari bawah kolam. Tapi kalau kamu pakai jasa travel agent, soal dokumentasi biasanya sudah masuk dalam paket wisata.
  • Bawalah barang secukupnya saja biar gak nambahin beban selama trekking ke gua.
  • Datanglah antara jam 12 siang sampai 3 sore selama cuaca sedang baik karena kalau mendung, keadaan dalam goa sudah pasti gelap dan lebih dingin.

Jarang-jarang bisa berenang di kolam alami dalam gua, kan? Apalagi belum banyak wisatawan yang datang, jadi bakal berasa kayak di kolam pribadi.

Gua Rangko cocok buat kamu yang suka destinasi alam yang tenang dan asri. Tapi, jangan sampai merusak dan buang sampah agar kebersihan sekitar gua selalu terjaga. 

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to [email protected]

× Need help?