Alternatif Moda Transportasi Menuju Labuan Bajo yang Solutif

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Labuan bajo adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang harus dikunjungi menggunakan beragam transportasi untuk mengikuti trip labuan bajo. Pasalnya untuk sampai ke sini, ada banyak transportasi yang harus Anda tempuh mengingat lokasinya yang tak mudah dicapai. Namun, hal tersebut akan menghasilkan keindahan yang tak terlupakan.

Labuan bajo adalah sebuah tempat yang menarik hati wisatawan dengan keindahannya. Pasalnya, terdapat banyak tepat wisata menggoda yang harus Anda kunjungi di sana dengan paket wisata Labuan bajo mulai dari pantai yang indah, alam bawah laut yang menggoda, hingga beragam air terjun dengan kesegaran airnya yang membuat semua mata terpana.

Keindahan labuan bajo akan bisa dinikmati setelah Anda menggunakan moda transportasi yang dibilang cukup rumit. Transportasi ke labuan bajo sendiri kini sudah disediakan khusus untuk para wisatawan. Tak hanya itu saja, di sana Anda juga dapat menyewa beragam alat transportasi untuk merasakan bagaimana keindahan dan keeksotisan pulau yang masih asri.

Bagi Anda yang belum pernah trip ke labuan bajo, pasti akan sedikt bingung terkait transportasi menuju labuan bajo. Kini, terdapat beberapa media yang bisa digunakan mulai dari via darat, via laut, dan via udara. Sehingga, bisa dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan berikut ulasannya.

Transportasi ke Labuan Bajo Via Darat

Transportasi menuju labuan bajo yang pertama yang banyak dilakukan orang adalah via darat. Transportasi ini dibilang cukup rumit namun murah dari segi biaya. Pasalnya, Anda harus paham betul bus mana yang kiranya dapat mengantar Anda untuk sampai ke labuan bajo. Pasalnya, tak semua jenis bus dapat mengantar Anda ke sana.

transportasi menuju labuan bajo
ilustrasi transportasi darat ke labuan bajo (sumber)

Bus yang bisa digunakan saat akan trip ke labuan bajo adalah bus jurusan sumbawa dengan jalur transit di bima. Biayanya terbilang sangat murah yakni hanya dengan mengeluarkan uang 170 ribuan saja. Pilihan bus yang digunakan ini cukup membuat pusing, karena tak hanya tersedia dalam satu macam saja.

Perjalanan darat ke labuan bajo dapat menggunakan bus dengan tujuan Ende, Maumere, Bajawa, hingga Ruteng. Tariff bus yang ditawarkan juga berbeda tergantung dari jenis bus dan fasilitas yang akan diterima nantinya. Waktu tempuhnya sekitar 12 jam dengan tambahan penggunaan bus untuk menuju ke sape dengan biaya sekitar 20 ribuan.

Setelah sampai di Sape, dalam private trip labuan bajo Anda juga masih harus menggunakan transportasi laut untuk dapat sampai ke labuan bajo. Anda bisa menggunakan kapal feri yang siap melayani rute perjalanan setiap harinya dengan biaya 50 ribu. Perjalanan feri ini bisa dilakukan setiap pagi dan sore hari yang pemberangkatannya tergantung terhadap kondisi cuaca alam.

Bagi Anda yang baru saja ingin trip di labuan bajo, maka disarankan menggunakan pemanduan terkait penggunaan bus. Hal ini dikarenakan banyaknya lokasi transit yang harus Anda lakukan. Sehingga jika salah dalam memilih jenis bus, maka Anda tidak akan sampai ke tujuan yaitu labuan bajo.

Penggunaan jalur darat ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobby petualangan. Pasalnya, Anda akan bisa menantang diri untuk memilih rute perjalanan yang rumit, namun harus tetap menikmati setiap detiknya. Sehingga, akan sangat menggugah adrenalin petualangan Anda dengan tambahan pemandangan yang begitu mempesona.

Transportasi Ke Labuan Bajo Via Udara

Transportasi menuju labuan bajo yang selanjutnya adalah via udara. Media ini menjadi media yang banyak digunakan orang karena kemudahan yang ditawarkan. Namun, biaya yang dikeluarkan juga akan sebanding dengan kemudahannya. Sehingga, pastikan terlebih dahulu jenis transportasi dengan budget wisata Anda.

bandara trip labuan bajo
ilustrasi transportasi udara ke labuan bajo (sumber)

Perjalanan udara ke labuan bajo dapat ditempuh dengan pesawat yang terlebuh dahulu harus transit di bali. Pasalnya, standar bandara di labuan bajo hanya memungkinkan pesawat kecil saja, sehingga setiap pesawat besar harus transit terlebih dahulu di Bali untuk menghindari resiko yang mungkin terjadi.

Penggunaan pesawat ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan yang cukup besar. Pasalnya, Anda harus merogoh uang sebesar 700 hingga 1 juta untuk pesawat dari Bali menuju ke labuan bajo untuk trip. Biaya ini tergatung pada pilihan maskapai Anda dengan batas waktu tempuh sekitar satu 1 jam.

Salah satu kelebihan penggunaan jalur ini adalah tersedianya pesawat setiap hari dan setiap waktu. Sehingga tak perlu pusing memikirkan rencana liburan beserta dengan timelinenya. Bagi Anda yang ingin trip ke labuan bajo, maka bisa melakukan pengecekkan tiket pesawat sesuai dengan maskapai yang hendak digunakan.

Biasanya, moda transportasi ini akan dipilih oleh orang yang tak memiliki cukup waktu liburan sehingga akan lebih menghemat waktu yang mereka miliki. Namun, penggunaannya juga harus dikembalikan lagi dengan rencana budgeting wisata Anda mengingat banyaknya paket wisata Labuan bajo yang harus Anda kunjungi.

Media Transportasi Via Laut

Transportasi menuju labuan bajo yang ketiga adalah jalur laut. Media ini juga tak kalah menantang dari jalur darat. Pasalnya, Anda akan menghabiskan waktu selama beberapa jam di atas kapal. Sehingga akan lebih membuat perjalanan wisata semakin terkesan dengan sederetan pemandangan yang memuaskan.

trasportasi via laut untuk trip labuan bajo
sumber

Seperti halnya dengan perjalanan via udara, jalur laut juga mengharuskan Anda transit di bali terlebih dahulu. Untuk dapat trip di labuan bajo, hanya tersedia dua buah kapal saja yakni kapal Km Willis dan Km Tilongkabila yang hanya melakukan perjalanan di waktu-waktu tertentu saja.

Hal tersebut membuat Anda harus merancang perjalanan dengan detail untuk tak melewatkan moda transportasi yang digunakan. Km Tilongkabila melakukan perjalanan pada sore hari, begitu pula dengan km willis yang melakukan perjalanan di pagi hari saja. Biaya yang diperlukan juga terbilang murah, sehingga tak ada salahnya mencoba perjalanan yang satu ini.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 240 ribu saja dengan fasilitas 3 kali makan. Sehingga tak usah khawatir karena perjalanan wisata Anda akan sangat menyenangkan karena dapat melihat pemandangan luar biasa di atas kapal selama trip menuju labuan bajo yang tentunya menambah kesan berwisata Anda.

Perjalanan dari Benoa Bali ke Labuan Bajo

Perjalanan dari Benoa bali ke labuan bajo membutuhkan waktu perjalanan satu hari di mana jadwal kapal akan berangkat pukul 15.00 dan sampai keesokan harinya pukul 19.00. Sehingga, bagi Anda yang tak memiliki cukup waktu untuk private trip labuan bajo, akan lebih tepat menggunakan jalur udara. Hal ini karena jalur laut cukup memakan banyak waktu perjalanan.

Perjalanan via laut ini tak hanya ditempuh dari bali saja, karena Anda juga bisa melakukan perjalanan dari bira. Perjalanan dari bira ke labuan bajo dapat ditempuh menggunakan kapal feri. Namun, jadwal keberangkatan hanya satu kali dalam seminggu, sehingga Anda harus mengatur terkait rencana jadwal trip Anda.

Perjalanan menggunakan kapal roro dari Bira terbilang cukup murah namun, perjalanan yang ditempuh melebihi satu hari. Sehingga, sangat tidak disarankan bagi Anda yang memiliki pengalaman mabuk laut yang cukup mengkhawatirkan. Namun, hal ini akan menjadi tantangan nyata bagi Anda yang memiliki jiwa petualangan.

Trip ke labuan bajo memang dibilang rumit namun, akan sebanding dengan hasil pemandangan yang kita terima. Bagi Anda yang ingin berwisata dengan puas di labuan bajo, maka bisa memanfaatkan paket wisata yang terbaik dan terpercaya. Sehingga liburan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Akan tetapi, apabila Anda masih belum menemukan jasa tour terbaik, maka Anda bisa percayakan kepada kami. Untuk memesan paket wisata, silahkan hubungi kami di nomor +6281236798078 dan alamat: Jl. Serenaru. Gang Cuci Mobil, Kel. Wae Kelambu – Labuan Bajo. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung lagi transportasi menuju labuan bajo dan tinggal menikmati liburan disana saja.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need help?