Pulau Kalong Labuan Bajo, Pulau Liar yang Eksotis

Dipublikasikan oleh incefuad pada

kalong island

Pulau Kalong Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di sekitaran area Labuan Bajo. Banyak orang yang mulai menjadikan destinasi wisata tersebut sebagai tempat wajib didatangi ketika trip Labuan Bajo. Memangnya seperti apa sih pulau ini? Yuk simak agar kamu tahu lebih detail.

Pulau Kalong Labuan Bajo

Kamu pasti setuju jika Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu lokasi yang menyimpan pesona alam nan eksotis. Setiap destinasi wisata yang ada di dalam pulau tersebut selalu memberikan keunikan tersendiri. Maka tak heran jika Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu pulau yang ramai dikunjungi.

Mulai dari Taman Nasional Komodo yang memiliki binatang purba khas, hingga Pulau Kalong Labuan Bajo yang memiliki pesonanya yang indah, dijamin bikin nagih! Sampai saat ini Pulau Kalong selalu memiliki peningkatan pengunjung setiap tahunnya.

Lokasi Pulau Kalong

Lokasi tepat dari Pulau Kalong Labuan Bajo ini masih masuk kedalam area Hutan Lindung Mbeliling Nusa Tenggara Timur. Dimana pulau tersebut jika dilihat dari kejauhan akan berada diantara pulau-pulau kecil kawasan Taman Nasional Komodo.

kalong island

Rute Menuju Pulau Kalong

Agar bisa sampai ke destinasi wisata tersebut kamu bisa menggunakan beberapa moda transportasi. Salah satunya adalah menggunakan jalur udara atau memakai pesawat terbang. Bandara terdekat yang bisa kamu gunakan adalah bandara yang berada di Denpasar Bali.

Dari Pulau Bali kamu bisa menggunakan moda transportasi laut yaitu dengan menaiki kapal Feri. Estimasi waktu yang kamu butuhkan untuk bisa sampai ke Nusa Tenggara Timur adalah sekitar 4 sampai 5 jam lamanya.

Selanjutnya jika sudah memasuki daerah Nusa Tenggara Timur, kamu bisa naik bis untuk menuju ke pelabuhan Labuan Bajo. Alternatif transportasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menuju ke lokasi pulau kalong Labuan bajo adalah menggunakan speed boat.

Jarak Pulau Kalong dengan pelabuhan Labuan Bajo hanya berjarak sekitar 8 km. Estimasi waktu perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 1 jam perjalanan laut. Cukup cepat bukan?

Estimasi Biaya ke Pulau Kalong

Saran terbaik untuk melakukan penjelajahan menuju Pulau Kalong Labuan Bajo adalah menggunakan sarana transportasi kano. Biaya yang dibutuhkan juga terbilang cukup terjangkau. Namun hal penting yang harus kamu ketahui adalah keamanan dari pulau tersebut.

Pasalnya sampai saat ini Pulau Kalong masih “dihuni” semak belukar yang menjulang tinggi. Maka, bisa dipastikan di dalamnya ada banyak binatang predator liar, misalnya saja seperti ular piton. Maka dari itu ketika mengunjungi pulau tersebut sangat disarankan untuk menginap paling tidak satu malam.

Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk dapat menginap di pulau tersebut adalah sekitar 1 hingga 3 juta rupiah. Namun jika kamu menggunakan jasa travel agent, mungkin biaya yang di akan kamu keluarkan bisa sedikit lebih terjangkau. Salah satu agen travel yang bisa kamu gunakan adalah Bajo Crew Tour.

Fasilitas yang Ditawarkan

Mungkin kamu masih bingung nih, fasilitas apa saja ya yang ada di Pulau Kalong Labuan Bajo?  Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ditawarkan.

1.       Adanya Spot Diving dan Snorkeling

Pulau Kalong Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata yang kaya akan pesona alamnya. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh pulau ini adalah adanya spot diving dan snorkeling. Dimana spot tersebut banyak dicari oleh para pecinta olahraga air.

Menyadari banyaknya pengunjung yang tidak memiliki alat pendukung untuk melakukan aktivitas diving maupun snorkeling, maka pihak pengelola memutuskan untuk menyediakan persewaan beberapa alat pendukung kegiatan tersebut.

sumber

Mulai dari persewaan alat masker, fin, pelampung, sampai pada persewaan tabung gas lengkap dengan pakaian menyelam maupun pakaian renang. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot bawa perlengkapan diving dari rumah.

2.       Adanya Habitat Ubur-Ubur

Selain memiliki spot terbaik untuk melakukan olahraga diving ataupun snorkeling. Ternyata Pulau Kalong Labuan Bajo juga memiliki habitat laut nan eksotis yaitu ubur-ubur laut. Bahkan ubur-ubur di daerah ini mampu berkembang biak dengan baik.

Sehingga tak heran jika jumlah ubur-ubur bisa sampai ratusan atau bahkan lebih. Tentunya hal ini bisa menjadi salah satu agenda wajib yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi lokasi Pulau Kalong. Namun, kamu harus tetap jaga keanekaragaman ubur-ubur ya! Jangan pernah rusak ataupun mengganggu habitat mereka.

3.       Banyaknya Habitat Para Kalong

Tak hanya kaya akan habitat lautnya saja. Pasalnya Pulau Kalong Labuan Bajo juga masih banyak menyimpan satwa lain di dalamnya. Salah satunya adalah habitat kalong yang jumlahnya tak terhitung.

sunset kalong island

Jika kamu berkunjung pada siang hari, pastinya kamu akan banyak melihat hewan malam bertengger pada ribuan pohon disana. Namun ketika malam hari hewan tersebut akan melakukan kegiatan perburuan untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka.

Tentunya hal tersebut bisa menjadi salah satu list kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan untuk menikmati Pulau Kalong di malam hari. Maka waktu yang tepat untuk melihat aktivitas yang dilakukannya adalah sekitar jam 6 petang waktu Indonesia setempat.

Namun kamu juga tak boleh lupa, bahwa pulau ini masih punya banyak hewan liar. Maka dari itu perhatikan keselamatan diri sendiri ketika melakukan jelajah alam di daerah ini ya! Jangan sampai karena kecerobohan diri sendiri malah jadinya dapat mengancam keselamatan.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengunjungi Pulau Liar

Pulau Kalong Labuan Bajo masih termasuk kedalam pulau liar. Maka ketika kamu mengunjungi daerah tersebut pastikan mengetahui beberapa hal berikut ini.

1.     Menggunakan Agent Travel

Jika kamu memang berasal dari luar daerah luar Nusa Tenggara Timur. Maka tak ada salahnya menggunakan jasa agen travel ketika melakukan trip Labuan Bajo ataupun datang ke destinasi wisata Pulau Kalong.

Hal ini bertujuan agar perjalan wisata yang kamu lakukan bisa lebih mudah. Selain itu karena kamu juga belum mengetahui secara persis terkait daerah tersebut, maka jasa travel agent sangat bisa membantumu.

2.     Patuhi Aturan yang Berlaku

Setiap destinasi wisata pastinya memiliki peraturan yang tertulis maupun tidak tertulis. Tentunya kamu juga harus mengetahui peraturan tersebut. Kamu bisa baca dulu secara teliti, agar nantinya kamu tidak melanggar aturan yang ada disana.

Namun untuk peraturan yang tak tertulis sebaiknya tanyakan pada jasa agen travel. Hal ini dilakukan agar keselamatan diri sendiri bisa lebih terjaga. Selain itu, hal ini juga sebagai bentuk bahwa kita menghormati “tuan rumah” disana.

3.     Sediakan Keadaan Terbaik Fisikmu

Hal berikutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah kondisi fisikmu. Pastikan jika kondisimu memang benar-benar fit agar bisa menjelajahi Pulau Kalong tersebut. Selain itu obat-obatan pribadi juga harus kamu siapkan. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan.

Selain melakukan beberapa hal di atas sebagai persiapan saat mengunjungi Pulau Kalong Labuan Bajo, pastikan juga persiapan lainnya. Misalnya seperti kebutuhan pribadi seperti dana, pakaian pribadi, dan beberapa hal lainnya juga harus lebih dipastikan.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need help?