Mau Liburan? Yuk Ketahui Tips Memilih Agen Perjalanan yang Kredibel

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Liburan sudah jadi kebutuhan sampai banyak yang sengaja punya budget khusus. Kamu salah satu yang termasuk gak, nih? Kalau iya, maka tips memilih agen perjalanan jadi informasi wajib untuk kamu ketahui. Sekali salah pilih travel agent, rencana liburan kamu bisa rusak seketika, bahaya deh!

8 Tips Memilih Agen Perjalanan

1.   Browsing Travel Agent yang Spesialis

Sekali keyword ‘agen tour & travel’ kamu ketikan di mesin pencari pasti akan muncul banyak rekomendasi. Agar lebih mudah, carilah travel agent yang sesuai dengan spesialisnya.

Misalnya, kamu ingin liburan ke Kepulauan Komodo, maka pilihlah agen perjalanan seperti Bajo Crew Tour yang sudah bertahun-tahun melayani khusus trip Labuan Bajo dan Komodo.

Sumber Gambar

Itinerary tiap paket disusun berdasarkan destinasi terbaik dan populer di sekitar Labuan Bajo. Para kru yang berpengalaman pasti akan memberi pelayanan terbaik agar liburan kamu memuaskan.

Kalau sudah langganan menghandle wisata di daerah tertentu, kamu pasti dapat rekomendasi spot liburan yang gak mengecewakan. Travel agent spesialis juga lebih mudah diajak diskusi dan konsultasi agar liburan yang kamu bayangkan bisa terwujud.

2.   Cek Informasi di Laman Website

Tips memilih agen perjalanan yang terpercaya bisa dilanjut dengan membaca informasi yang ada di website. Ibaratnya nih kamu lagi di masa penjajakan alias pendekatan ke travel agent yang menarik hati.

Beberapa informasi penting yang perlu kamu lihat antara lain profil agen perjalanan, alamat kantor offline, pilihan paket tur, daftar harga, fasilitas dan testimoni para klien.

Soal alamat offline sebenarnya gak wajib ada, karena ada beberapa travel agent yang memang cuma bekerja lewat online. Tapi jauh lebih bisa dipercaya kalau ada kantor offline resminya sih.

Selain jadi tahu domisili asli mereka, kamu juga bisa datang langsung ke kantor kalau ada masalah yang susah diselesaikan lewat online.

Balik lagi ke website, kamu bisa menggunakan informasi yang ada buat melakukan perbandingan dengan travel agent lain. Misal nih kamu galau di antara beberapa pilihan, maka bandingkan saja paket wisata, harga, fasilitas dan data lain biar bisa ketemu layanan yang paling kamu butuhkan.

3.   Bukan Patokan Utama tapi Coba Buka juga Akun Medsosnya

Kredibilitas travel agent memang gak sepenuhnya bisa ditakar dari akun medsos. Tapi eksistensinya di dunia maya tetap bisa dijadikan pertimbangan.

Dari akun medsos, bisa ketahuan jumlah followers untuk memastikan apakah travel agent tertentu dikenal banyak orang. Selain itu, perhatikan juga kapan terakhir kali pihak agen mengupload foto.

Hal itu setidaknya bisa jadi tanda kalau agen perjalanan benar-benar ada, aktif dan gampang dihubungi. Jangan lupa untuk melongok ke kolom komen karena siapa tahu ada klien yang kasih testimoni tentang pelayanan dari pihak agen. 

4.   Jangan Gampang Tergoda Tawaran Diskon Gede

Persaingan yang ketat bisa jadi penyebab travel agent pasang diskon gede-gedean untuk paket wisata yang bahkan jadi primadona. Memang sih ada yang beneran kasih tapi ada juga yang cuma iming-iming. Jadi, kamu jangan langsung percaya dan wajib cari informasi yang pasti.

Pengaruh Wisata terhadap Kesehatan

Contohnya, harga paket one day trip Labuan Bajo yang biasanya sebesar Rp1.350.000 per orang didiskon jadi Rp500.000 per orang. Siapa yang gak tergiur, kan?

Langkah pertama yang harus diambil adalah cari tahu term & conditions dari penawaran diskon itu. Jangan-jangan malah banyak biaya tambahan yang kalau ditotal justru lebih mahal dibanding harga biasa.

Kalau informasi gak tersedia di website atau selebaran yang kamu dapat, maka langsung saja telepon CS travel agent. Nanti bakal ketahuan apakah jawabannya berbelit atau terang-terangan.

5.   Pilih Travel Agent yang Punya Banyak Pilihan Paket

Tips memilih agen perjalanan yang paling utama adalah perhatikan paket apa saja yang mereka tawarkan. Langsung coret saja travel agent yang kasih pilihan sedikit karena pengalaman liburan kamu bakal terbatas.

Prioritaskan travel agent yang menawarkan pilihan lengkap, mulai dari open trip, private trip dan special package baik itu regular maupun premium. Pastikan juga paket yang tersedia punya berbagai pilihan durasi waktu misalnya one day, 2D1N, 3D2N dan by request.

Jangan mikir kalau semakin banyak paket maka semakin bingung buat milih mana yang pas. Justru variasi itinerary di tiap paket bakal memudahkan kamu dalam menyesuaikan dengan keinginan dan budget.

Kalau lagi ada budget lebih, bisa pilih private trip kelas premium bareng keluarga atau teman dekat. Kalau punya waktu yang limit maka bisa pilih paket full day trip. Sedangkan paket seperti 3D2N cocok untuk kamu yang punya waktu liburan lama. 

6.   Lihat Bagaimana Respons CS saat Kamu Hubungi

Saat kamu chat ke teman tapi balasannya lama tuh kadang bikin bete, kan? Padahal sih gak penting-penting banget urusannya. Bayangkan kalau urusannya pas penting, pasti lebih kesal kan? Itulah kenapa kecepatan respons CS travel agent perlu kamu perhatikan.

Apalagi liburan itu momen spesial yang sudah lama kamu impikan. Maka, perlu kerja sama dengan pihak yang cepat, cekatan dan serius untuk membantu melancarkan liburan kamu.

Tips memilih agen perjalanan

Pastikan nomor CS yang biasanya tertera di website bisa kamu hubungi. Perhatikan apakah respons yang diberikan cepat atau tidak. Saat sudah terhubung, perhatikan apakah pihak agen menjawab dengan baik pertanyaan yang kamu kasih.

Jangan lupa untuk mengkonfirmasi kebenaran informasi yang kamu baca di website. Respons yang baik, cepat dan jelas dari travel agent bisa jadi pertimbangan kalau mereka bisa dipercaya. Ibaratnya, kamu dapat kesan pertama yang bagus saat menghubungi travel agent.

7.   Travel Agent yang Jaringannya Luas Lebih Terpercaya

Tips lain adalah pastikan bahwa travel agent yang akan kamu gunakan punya jaringan yang luas. Hal ini penting karena bisa berpengaruh dalam pemberian layanan untuk trip kamu. Pastikan juga mereka punya nama yang baik dan terhindar dari tuduhan penipuan.

Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan mencari tahu apakah travel agent masuk ke asosiasi jasa wisata tertentu atau tidak. Jadi, kamu bisa lebih percaya. 

8.   Pastikan Travel Agent Punya Sistem Pemesanan yang Jelas

Tips memilih agen perjalanan yang kredibel yaitu perhatikan bagaimana sistem pemesanan yang mereka terapkan. Pastikan kamu bisa membaca semua persyaratan dan peraturannya di website atau e-brosur secara lengkap.

Pastikan agen perjalanan punya jadwal yang tetap kecuali paket wisata yang memang jadwalnya bisa kamu tentukan sendiri. Jangan memilih agen yang belum punya jadwal reguler karena ada kemungkinan liburan kamu dibatalkan sepihak.

Travel agent yang jadwal tripnya tidak jelas biasanya menandakan kalau dana awal mereka masih sedikit. Jadi, harus mengumpulkan modal dulu dari para peserta trip setelah itu barulah jadwal ditentukan.

Beruntung kalau pihak agen memang terpercaya, tapi kalau cara main mereka kotor maka kamu akan rugi besar karena ditipu. Jadwal belum jelas dari awal, malah uang yang duluan melayang.

Bagi yang mau liburan, travel agent bisa dibilang sebagai partner yang kamu percayai untuk mengatur jadwal keberangkatan, jenis transportasi, destinasi wisata, fasilitas dan akomodasi yang dibutuhkan selama trip.

8 tips yang sudah dibocorkan penting untuk diperhatikan agar kamu gak salah memilih partner. Sebisa mungkin carilah banyak referensi travel agent untuk dibandingkan. Minta rekomendasi ke teman yang sering vacation juga termasuk langkah yang tepat.

Kategori: tips wisata

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need help?