Liburan Ke Labuan Bajo? Jangan Lupa Oleh-oleh Labuan Bajo

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Oleh-oleh Labuan Bajo merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berlibur ke Labuan Bajo. Labuan Bajo, untuk saat ini tengah mengalami kenaikan yang sangat positif. Keindahan yang dimiliki oleh Labuan Bajo, seolah baru terungkap dan terekspos baru-baru ini.

labuan bajo
sumber

Di Labuan Bajo Anda bisa menemukan Taman Nasional Komodo yang memiliki panorama indah dan menakjubkan. Labuan Bajo ini merupakan salah satu pelabuhan kecil, namun mampu menawan setiap mata yang datang. Pelabuhan Labuan Bajo ini berada di ujung barat pulau Flores. Untuk masuk ke Taman Nasional Komodo, Anda harus melalui pelabuhan ini.

Labuan Bajo, sebenarnya merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di kecamatan Komodo. Banyak yang orang datang ke sini menggunakan paket trip Labuan Bajo untuk melihat komodo dan ingin menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan. Untuk mengenang tempat ini, Anda bisa membeli beberapa oleh-oleh.

Tips Memilih Oleh-oleh di Labuan Bajo

Pilih oleh-oleh yang Harganya Sesuai Budget

Hal yang paling penting dalam memilih oleh-oleh ketika pergi ke Labuan Bajo, ialah pilihlah sesuai jumlah budget yang ada dalam saku kantong Anda. Jika Anda membawa budget yang lumayan besar, Anda bisa memilih oleh-oleh apapun sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Siapkan Dana yang Cukup Agar Bebas Memilih

Agar Anda bisa memilih oleh-oleh apa saja yang ingin Anda beli saat berlibur dengan paket trip Labuan Bajo, sebaiknya Anda menyiapkan dana yang cukup. Anda bisa mempersiapkan dana ini jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan Anda menuju Labuan Bajo. Karena sayang sekali, jika sudah jauh-jauh ke sana tapi tidak bisa membeli oleh-oleh apapun untuk dibawa pulang.

Lihat Tanggal Expired Jika Belanja Makanan

Jika Anda membeli oleh-oleh makanan, jangan lupa untuk memperhatikan tanggal expirednya. Jangan sampai Anda telah jauh-jauh datang ke Labuan Bajo, ternyata oleh-oleh makanan yang Anda bawa telah kadaluwarsa. Disarankan juga agar Anda menghindari makanan yang tanggal produksinya telah terlalu lama atau tanggal kadaluwarsanya tinggal sebentar lagi.

Makanan dan Minuman Khas Labuan Bajo

Banana Cake

Sebenarnya, Banana Cake itu merupakan kue pisang yang telah diracik dengan sedemikian rupa hingga menjadi kue yang sangat nikmat untuk dimakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah kayu manis, kenari, gula merah, dan tentu saja adalah buah pisang. Jika ingin membelinya, Anda bisa mengunjungi La Bajo Flores Coffee.

Kopi Flores dan Kopi Manggarai

Di Flores dan Manggarai, kopi seolah sudah menjadi bagian minuman wajib. Jika Anda berkunjung ke sana, pasti Anda akan diberikan sajian kopi hitam. Kopi yang mereka sajikan ini sangat khas dan merupakan kopi asli yang mereka buat sendiri di dapur. Anda bisa menemukan kopi ini di supermarket atau toko oleh-oleh.

Cemilan Rebok

Oleh-oleh Labuan Bajo ini merupakan salah satu kuliner asli dari Labuan Bajo. Bentuknya bubuk, terbuat dari tepung beras dan kelapa parut. Jika Anda pernah mencicipi Sagon makanan dari Jawa Timur, rasanya tidak akan jauh dari itu. Karena memang merupakan cemilan, makanan ini bisa langsung Anda makan dalam bentuk bubuk.

Roti Kompiang

Makanan khas Labuan Bajo ini wajib Anda coba. Roti kompiang merupakan kuliner khas dari Manggarai. Bentuknya oval, terbuat dari tepung olahan terigu dan memiliki tekstur yang keras. Pada bagian atas roti ini diberikan taburan wijen yang akan memberikan aroma menggoda.

kompiang labuan bajo
sumber Ig @denychraeng

Warna coklat yang dimiliki oleh roti ini diproses dari proses pembakaran, atau untuk saat ini pembuatan roti ini di oven. Agar lebih mantap, Anda bisa menggoreng roti ini terlebih dulu. Anda akan merasakan tekstur dari roti ini lebih renyah dan mantap. Anda bisa menyajikannya dengan secangkir kopi.

Ikan Cara dan Ikan Kering

Karena merupakan kota pesisir, di Labuan Bajo banyak orang yang memiliki pekerjaan sebagai nelayan. Mereka akan akan menangkap ikan pada sore hari dan pulang pada pagi hari. Ikan yang telah mereka dapat akan dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Ada berbagai macam jenis ikan yang bisa Anda temukan di Labuan Bajo.

Salah satu ikan yang paling khas ialah ikan Cara. Bentuk dari ikan ini kecil dan pipih dan Anda bisa membelinya di TPI Labuan Bajo dalam bentuk ikatan atau perkilogram. Selain itu, masih banyak juga olahan ikan lainnya sebagai makanan khas yang telah diolah dalam bentuk kering.

Pakaian Khas Labuan Bajo

Kain Songke

Kain Songke bisa Anda jadikan sebagai salah satu oleh-oleh Labuan Bajo yang wajib Anda beli. Kain ini biasanya digunakan untuk pakaian adat, namun kini tidak jarang dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Kain songke ini memiliki motif dan warna yang beragam. Untuk harganya sendiri, biasanya dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

kain songko manggarai
sumber

Wajar saja, hal ini karena dalam proses pembuatannya tidak bisa sembarangan. Tetap harus memperhatikan nilai-nilai adat yang ada di dalamnya. Namun kain ini bisa Anda temukan dengan mudah di sana karena telah banyak tersedia di toko-toko. Setiap toko ini akan menjual jenis kain berbeda-beda dengan harga yang berbeda-beda.

Kaos Toko Tako Labuan Bajo

Jika Anda pergi ke Labuan Bajo dengan menggunakan paket wisata Labuan Bajo dan ingin membeli oleh-oleh dalam bentuk kenangan, Anda bisa membeli kaos Toko Tako . Kaos ini akan memberikan kesan yang berbeda.

distro labuan bajo

Toko Tako adalah salah satu toko pakaian yang wajib kamu kunjungi saat ke labuan bajo. Pemiliknya berdarah Padang, tetapi terlahir dan besar di manggarai.

selain itu Toko Tako juga menyediakan berbagai macam jenis tas gunung yang bisa anda pilih.

Pernak Pernik Labuan Bajo

Aksesoris dari Mutiara Laut

Karena merupakan daerah wisata yang terletak di daerah pesisir, mutiara menjadi barang wajib yang harus Anda beli sebagai oleh-oleh khas saat berlibur dengan paket wisata Labuan Bajo. Mutiara-mutiara ini selanjutnya akan diolah menjadi aksesoris cantik seperti kalung, gelang, cincin, dan aksesoris lucu lainnya. Untuk harganya sendiri, Anda bisa memilih dari yang murah hingga yang mahal.

Karena ini akan ditentukan dari tingkat kualitas dari mutiara itu sendiri. Di Labuan Bajo, Anda bisa membeli pernak-pernik ini di toko-toko yang ada di sana. namun biasanya harganya akan dibandrol dengan sedikit mahal. Jika ingin aksesoris dengan harga yang lebih miring, Anda bisa membelinya di pasar souvenir saja.

Jika Anda memiliki rencana dan tertarik untuk pergi berlibur ke Labuan Bajo, Anda bisa menggunakan jasa tour terpercaya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa menghubungi +6281236798078. Jasa tour ini bertempat di Jl. Serenaru. Gang Cuci Mobil, Kel. Wae Kelambu – Labuan Bajo. Jangan lupa membeli oleh-oleh Labuan Bajo saat berlibur ke sana.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need help?