Inilah 7 Destinasi Wisata Darat Labuan Bajo Paling Menarik

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata Labuan Bajo? Pasti yang terbesit di pikiran adalah keindahan lautnya yang memukau. Namun, ada hal yang tidak kalah menarik dan wajib kamu kunjungi, yaitu destinasi wisata darat Labuan Bajo.

Berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata andalan bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Khusus untuk wisata darat di Labuan Bajo, banyak sekali tempat yang dapat kamu eksplorasi saat berlibur di desa ini.

Pilihan Destinasi Wisata Darat Labuan Bajo

Jika kamu sedang mencari rekomendasi untuk melakukan perjalanan wisata darat, Labuan Bajo dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini terdapat tujuh destinasi wisata darat di Labuan Bajo yang menarik untuk kamu kunjungi.

1.     Sawah Lingko

Pesona Sawah Lingko begitu menyegarkan mata saat melihatnya. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini dapat menjadi pilihan kamu yang senang dengan pemandangan hamparan sawah.

Keunikan Sawah Lingko yang menjadi daya tarik wisatawan adalah bentuknya yang sangat unik, yaitu mempunyai bentuk odok atau menyerupai jaring laba-laba. Dengan kata lain, sawah ini memiliki pusat lingkaran di tengahnya.

destinasi wisata darat Labuan Bajo
Sumber Gambar

Sedikit mengulas tentang pola odok, penggunaan lahan pertanian dengan pola seperti ini merupakan hasil dari sistem pembagian lahan pertanian berdasarkan adat. Keunikan Sawah Lingko inilah yang menjadi destinasi wisata darat Labuan Bajo untuk para traveler.

Sebelum mengunjungi kawasan Sawah Lingko, para wisatawan akan diarahkan untuk melakukan pengisian buku tamu terlebih dahulu sebagai tahap registrasi. Meskipun destinasi wisata ini tidak dikelola langsung oleh pihak mana pun, akan tetapi proses ini wajib untuk dilakukan.

Sawah Lingko merupakan satu-satunya sawah berbentuk jaring laba-laba di dunia. Jadi, keunikan ini memang patut dilestarikan agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Bagaimana, kamu tertarik untuk mendatanginya?

2.     Bukit Silvia

Destinasi wisata darat Labuan Bajo lainnya adalah Bukit Silvia. Bukit ini juga mempunyai sebutan lain, yaitu Bukit Cinta. Terdapat banyak spot foto dengan latar pemandangan yang dapat kamu nikmati sebelum mencapai puncak bukitnya.

fotografer prewed labuan bajo

Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai pada puncak bukit sekitar 30 menit. Lelahnya perjalanan saat kamu menyusuri tanjakan serta jalan bebatuan akan terbayarkan oleh pemandangan Labuan Bajo yang luar biasa dari atas Bukit Silvia.

Dari sisi barat puncak bukit, kamu akan disuguhi pemandangan laut dengan kapal-kapal yang sedang berlabuh di pelabuhan. Sedangkan pada sisi timur, kamu juga bisa melihat laut dengan latar bukit hijau yang sangat mempesona dan menyejukan mata, indah sekali!

Selain itu, keistimewaan yang ditawarkan oleh Bukit Silvia adalah pemandangan matahari tenggelam (sunset). Warna jingga khas matahari terbenam menyatu dengan bukit hijau yang tinggi, serta hamparan laut biru yang menjadikan pemandangannya sangat indah.

3.     Desa Wae Rebo

Desa yang terletak di Manggarai ini menjadi salah satu ikon wisata saat kamu berkunjung ke Labuan Bajo. Di desa ini, terdapat rumah-rumah adat suku Manggarai yang bisa kamu sewa untuk menginap selama berada di sana.

Selain rumah adat, jika berkunjung ke Desa Wae Rebo kamu juga mendapatkan pengalaman serta pengetahuan di sana. Masyarakat desa akan memperkenalkan kisah hidup serta kebudayaannya pada setiap pengunjung yang datang ke Wae Rebo.

Selain berwisata, kamu juga bisa berkesempatan menjadi bagian dari Desa Wae Rebo. Tak perlu khawatir, kamu akan disambut baik oleh masyarakat di sana asal tetap menjaga etika dan kesopanan selama berada di wilayah tinggal orang lain.

4.     Taman Nasional Komodo

Tak lengkap rasanya bila melakukan trip Labuan Bajo tanpa menyambangi Taman Nasional Komodo yang menjadi destinasi wisata paling terkenal di NTT. Taman Nasional ini berdekatan dengan Kepulauan Sumbawa di NTB dan Pulau Flores di Kepulauan Indonesia Tengah.

Terdapat tiga pulau besar di Taman Nasional, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Selain  itu, ada beberapa pulau-pulau kecil yang terdapat di Taman Nasional. Sebagai habitat asli, kawasan ini dihuni sekitar 4000 komodo.

keunikan komodo

Selain dapat melihat secara langsung hewan komodo di habitat aslinya, Taman Nasional Komodo juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Untuk itulah kawasan ini menjadi tujuan destinasi wisata bagi banyak orang.

Berwisata sambil mengenal fauna di habitat aslinya akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Selain itu, dengan mengunjungi Taman Nasional Komodo, berarti kamu juga sudah ikut melestarikan kebudayaan serta menjaga kepunahan fauna endemik khas Indonesia ini.

5.     Goa Batu Cermin

Mendengar namanya saja sudah membuat para wisatawan penasaran dengan tempat ini. Goa Batu Cermin merupakan salah satu destinasi wisata darat Labuan Bajo yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Goa ini biasanya ramai oleh pengunjung pada pagi hari sekitar pukul 09.00 sampai 10.00 pagi. Mereka sengaja datang di waktu tersebut supaya dapat melihat bagaimana dinding goa dapat memantulkan sinar matahari, layaknya pantulan cermin yang terkena sinar.

Selain keunikan Goa Batu Cermin, di sekitarnya juga terdapat alam hijau yang masih asri, sehingga udaranya sangat sejuk dan menyegarkan. Terdapat hutan-hutan rimbun di sekelilingnya yang dihuni berbagai flora serta fauna, contohnya saja seperti monyet berekor panjang.

Tarif yang berlaku untuk wisata ini sangatlah terjangkau. Hanya dengan Rp10.000 untuk membayar  tiket serta Rp20.000 untuk tour guide, kamu bisa berkeliling dan menikmati keindahan Goa Batu Cermin serta ilmu pengetahuan dari informasi yang tour guide sampaikan.

6.     Gili Laba

Pulau kecil bernama Gili Laba merupakan destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan saat melakukan trip Labuan Bajo. Pemandangan indah dari pulau tak berpenghuni ini sangat disayangkan jika kamu lewatkan.

Kamu bisa menikmati pemandangan Kepulauan Komodo dari puncak Gili Laba. Untuk mencapai puncak Gili Laba, kamu harus menempuh jarak sekitar satu jam dengan medan tanjakan curam. Meskipun sulit, akan tetapi rasa lelah kamu akan terbayarkan saat sudah mencapai puncak.

7.     Pulau Kelor

Pulau ini sangat cocok untuk para traveler yang menyukai suasana romantis bersama pasangan. Terletak di Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, tempat ini menyajikan pemandangan alam yang begitu menakjubkan mata.

paket trip labuan bajo

 Bagi penggemar fotografi, melakukan trip Labuan Bajo dengan destinasi wisata Pulau Kelor ini sangat cocok, karena banyak spot foto menarik sebagai objek pemotretan. Tempat ini juga belum banyak didatangi oleh pengunjung, sehingga cocok untuk kamu yang menginginkan suasana ketenangan.

Bagaimana, setelah membaca ulasan mengenai destinasi wisata darat Labuan Bajo di atas? Apakah kamu tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke sana? Nah, alangkah baiknya sebelum melakukan perjalanan wisata, kamu sudah memikirkan perencanaan secara matang.

Itu dia daftar destinasi wisata darat Labuan Bajo yang bisa menjadi alternatif pilihan kamu. Bagi kamu yang akan melakukan trip di masa pandemi ini, tetap terapkan protokol kesehatan dan jangan lupa gunakan masker ya, agar liburan tetap aman dan nyaman.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need help?