Ini Dia Keuntungan Wisata Labuan Bajo yang Perlu Diketahui

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Ingin memanfaatkan waktu liburan untuk traveling, kira-kira apa keuntungan wisata Labuan Bajo yang bisa didapat? Seperti yang diketahui Labuan Bajo dengan Pulau Komodonya adalah salah satu tempat pariwisata yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bukan hanya keajaiban dunia berupa kadal raksasa, namun pemandangan alam sampai dengan sosial budayanya juga menarik.

Data BPS daerah Manggarai Barat menunjukan bahkan tiap tahun jumlah wisatawan yang datang ke Labuan Bajo mengalami peningkatan. Sehingga penawaran paket wisata ke tempat ini juga meningkat. Sektor yang paling banyak dikunjungi adalah pulau-pulau kecil yang terbentang di ujung Flores seperti Pulau Komodo, Rinca, Padar, Kelor, Kukusan, Kunawa, serta masih banyak lagi.

Selain berwisata ke pulau-pulau ada juga sisi sosial dan budaya yang dapat dinikmati saat berlibur dengan paket wisata labuan bajo. Sosial kebudayaan masyarakat Indonesia selalu terkenal karena keunikannya tiap daerahnya. Mulai dari kebiasaan masyarakat, corak daerah, sampai dengan festival juga tarian adat daerah. Berikut ini adalah rangkuman apa saja keuntungan jika Anda berwisata ke Labuan Bajo.

Pemandangan yang Bisa Didapatkan

Alasan utama seseorang memilih tempat wisata pasti karena view pemandangan yang disajikan. Deretan wisata di Labuan Bajo sudah pasti menyajikan beragama view keindahan alam yang masih asri dan bersih. Pemandangan seperti gunung, juga bukit kecil yang berdiri dan sabana kuning sampai cokelat dengan rerumputan tipis sangat indah untuk diabadikan.

Keuntungan Wisata Labuan Bajo

Pemandangan unik dan indah ini dapat nikmati pada banyak pulau di barat Flores ini. View bukit paling indah dan instagramable bisa didapat di Pulau Padar, Pulau Kambing, dan Pulau Kanawa. Karena lokasi wisata pada kepulauan kecil, keuntungan wisata Labuan Bajo Anda bisa menikmati bukit, sekaligus pariwisata pantai dan bawah airnya.

Pantai di wilayah ini rata-rata memiliki warna putih, bahkan ada yang berwarna merah muda seperti yang terdapat pada Pink Beach. Pasir ini berwarna merah akibat lapukan koral atau terumbu karang di wilayah pantai. Jangan lupa wisata alam bawah airnya yang sangat jernih dan cocok untuk pecinta diving dan snorkeling.

Banyak lagi bentang alam yang bisa dinikmati di pusat wisata Nusa Tenggara Timur ini. selain Pulau Padar jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Sembilan. Tempat wisata yang satu ini menawarkan pulau berbentuk angka 9 dengan laguna di tengah pulau yang dihuni ubur-ubur. Agar tidak kehilangan momen gunakan jasa paket wisata di Labuan Bajo yang menyediakan jasa foto maupun drone seperti Bajo Crew Tour.

Menikmati Taman Nasional Komodo

Ini dia primadona yang sering disebut-sebut sebagai sebuah keuntungan dari paket wisata labuan bajo jika Anda berkunjung kemari. Varanus komodosiensis merupakan jenis biawak raksasa purba yang masih hidup hingga kini dan menjadi hewan endemik juga keajaiban dunia. Komodo diperkirakan sudah hidup sejak 4 juta tahun yang lalu dan merupakan spesies dinosaurus yang masih tersisa di bumi.

open trip labuan bajo

Satwa langka ini diduga berasal dari timur Australia yang bermigrasi ke Nusantara ketika lempeng Asia-Australia bertemu. Untuk ukuran komodo memiliki panjang rata-rata 2-3 meter dengan berat 100 kg. Termaksud ke dalam spesies biawak komodo memiliki bisa seperti ular yang dipenuhi bakteri beracun untuk membunuh hewan mangsanya.

Untuk bisa mengujungi komodo, para wisatawan bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo yang mencakup 3 pulau yakni Komodo, Rinca, dan Padar. Jika ingin masuk ataupun berfoto Anda harus mematuhi beberapa aturan karena wilayah ini adalah wilayah konservasi komodo yang telah menjadi hewan langka.

Bukan Labuan Bajo namanya jika hanya menawarkan 1 objek wisata. Di Taman Nasional Pulau Komodo pengunjung juga bisa bermain di air laut, melakukan diving juga snorkeling dengan kura-kura juga hiu. Jika memungkinkan Anda juga bisa menyelam di Crystal Rock untuk menyaksikan berbagai jenis ikan seperti Barramudi, Parrotfist juga penyelaman di titik manta untuk melihat Pari Manta dari dekat.

Menyaksikan Festival Komodo

Jika Anda berkunjung makai paket trip ke Labuan Bajo pada awal maret yakni tanggal 5-10 maret, maka ada satu lagi keuntungan wisata Labuan Bajo yang didapat. Hal tersebut adalah Festival Komodo yang diadakan oleh warga sekitar. Waktu penyelenggaraan festival juga fleksibel. Pada tahun 2017 festival ini berlangsung selama sebulan penuh, sedang pada 2018 hanya selama 6 hari.

Dalam festival ini ditampikan banyak parade kesenian daerah, tarian tradisional, kerajinan tangan, serta pentas seni budaya khas masyarakat NTT. Selain sosial budaya, perayaan festival ini akan memberikan kesempatan wisatawan mengunjungi Desa Adat Papagarang. Desa ini terletak dekat dengan Taman Nasional Komodo yakni diantara Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Pulau Rinca.

Berkenalan dengan Suku Bajo di NTT

Siapa sangka budaya dan Suku Bajo tidak hanya ada di perkampungan Bajo di Sulawesi. Wisata Anda ke Labuan Bajo jadi tidak hanya bernilai hiburan tapi juga edukatif, sehingga cocok untuk paket trip labuan bajo bersama keluarga. Kata Labuan Bajo sendiri berarti pelabuhan bagi orang-orang bajo, yang berasal kepulauan Sulu, Filipina. Nenek moyang orang-orang ini berlayar dari Filipina dan singgah di wilayah perairan Sulawesi dan NTT.

paket wisata labuan bajo
Photo by Chermiti Mohamed on Unsplash

Uniknya meski bukan suku asli Flores, mereka adalah peletak pertama berdirinya Labuan Bajo yang kemudian menjadi ibukota Kabupaten Manggarai Barat ini. Memiliki darah bajo membuat perumahan suku ini berbentuk rumah panggung pinggiran laut dangkal. Melihat perkampungan Bajo di pantai dangkal dengan banyak terumbu karang yang masih terjaga keindahannya menjadi pesona tersendiri daerah ini.

Dapat Melihat Tari Caci

Jika pernah membawa oleh-oleh berupa kopi atau patung dari daerah ini pasti ada gambar ataupun bentuk sekelompok orang sedang menari. Tarian ini dinamakan Tarian Caci. Tarian ini biasanya disertakan saat syukuran musim panen daerah (hang woja), tahun baru, adanya pembukaan lahan, maupun pembukaan upacara adat, hingga menyambut tamu penting.

Penari Caci labuan bajo
Penari Caci. http://www.flickr.com

Para penari Tari Caci akan bersenjatakan cambuk (pecut) dan tameng (perisai). Dalam tarian ini akan ada seorang laki-laki yang berperan sebagai pemukul (paki) yang berusaha memecut lawan dengan pecut berbahan kulit kerbau yang dikeringkan. Pegangan pecut juga dibuat dari lilitan kulit kerbau yang tipis dan keras disebut pori.

Akses Wisata Labuan Bajo

Agar bisa menikmati begitu banyak objek wisata saat mengikuti paket trip labuan bajo, nusa tenggara timur ini Anda harus memanfaatkan tour guide atau jasa penyedia wisata. Hal ini tidak lain karena jadwal wisata Anda akan lebih tersusun, nyaman, juga mudah dalam akses masuk tempat wisata. Apalagi jika Anda memilih berwisata bersama keluarga besar.

Bentuk tempat wisata yang terdiri dari banyak pulau-pulau kecil nan indah, akan membuat perjalanan banyak ditempuh dengan perahu baik besar maupun kecil. Mobilitas pariwisata yang tinggi tentu akan lebih nyaman bila ditemani profesional. Jangan lupa karena Anda akan mengunjungi salah satu wilayah taman nasional pengetahuan akan peraturan juga harus ada.

Bajo Crew Tour adalah penyedia paket wisata dengan fotografer, transportasi, snorkeling, speed boat bahkan drone yang sudah bisa didapatkan hanya dengan 1 jutaan. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi nomor +6281236798078 atau kunjungi kantornya di Jalan Senaru, Gang Cuci Mobil, kel. Wae Kelambu-Labuan Bajo untuk mendapatkan keuntungan wisata Labuan Bajo lainnya.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need help?