Ini Cara Liburan ke Labuan Bajo Murah Meriah

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Mau mewujudkan mimpi untuk liburan ke Labuan Bajo? Jangan langsung menganggap mahal, Anda juga bisa liburan dengan hemat ke Labuan Bajo!

Penasaran caranya? Yuksimak ulasannya

Indahnya Labuan Bajo

Siapa yang tidak kenal dengan Labuan Bajo? Labuan Bajo adalah kota yang menjadi pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo, salah satu New 7 Wonders of Nature di tanah air Indonesia kita tercinta.

Labuan Bajo berada di ujung paling barat Flores, Nusa Tenggara Timur. Kata Bajo dari Labuan Bajo itu berasal dari kata Bajo salah satu suku di sulawesi yang sering berlabuh sebagai pedagang dari Makassar dulu (Bajo dan Bugis). Dengan demikian Labuan Bajo sekarang memiliki fungsi strategis sebagai pusat pemerintahan, pusat perdagangan, pusat pendidikan, serta pusat pariwisata.

Labuan Bajo adalah ibukota Kabupaten Manggarai Barat, dan menjadi kota wisata yang sangat ramai serta digemari para turis baik lokal maupun luar negeri.

Jika Anda ingin untuk berlibur ke Labuan Bajo, pastinya keputusan Anda tidak salah. Labuan Bajo mempunyai banyak keindahan yang bisa anda eksplor, mulai dari Taman Nasional Komodonya, wisata laut di sekitar perairan Flores dengan snorkeling dan/atau diving, dan masih banyak lagi.

jadi, salah satu tips agar Anda bisa menikmati liburan Anda dengan waktu dan biaya yang hemat atau murah adalah dengan membuat itinerary (rencana perjalanan) yang matang. Dengan demikian, Anda bisa mengatur jadwal susuai anggaran kantong Anda.

Jika bicara tentang Labuan Bajo, sangat banyak sekali lokasi yang wisata menarik yang dapat Anda kunjungi. Nah, bagi Anda yang belum pernah ke sana, lihat apa saja tujuan wisata yang menarik di sana berikut ini:

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo (TNK) adalah taman yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia loh oleh UNESCO pada tahun 1991. Hal ini karena ada satwa komodo yang merupakan satu-satunya spesies di bumi ini, sehingga harus dipelihara habitat dan keberlangsungan hidupnya.

liburan ke labuan bajo

Di Taman Nasional Komodo ada tiga pulau besar yaitu pulau Komodo, pulau Rinca, dan pulau Padar.

Masih banyak beberapa pulau-pulau kecil lainnya yang merupakan bukit-bukit dengan padang savananya, dan terdapat karang gosong atau pulau yang terbentuk karena terumbu karang. Selain komodo, Anda bisa melihat keindahan flora dan fauna dari benua Asia dan Australia di sini.

Hal ini disebabkan oleh posisi Taman Nasional Komodo yang berada di garis Wallace. bisa jadi wisata tropis yang menarik kan?

Pulau Rinca dan Pulau Padar

Pulau Rinca dan Padar merupakan lokasi pulau wisata yang pastinya wajib sekali Anda kunjungi saat berada di Labuan Bajo. Pulau Rinca cukup dekat dengan .lokasi Pulau Komodo, dan masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo.

Sama seperti pulau tetangganya, pulau rinca ini juga menawarkan paket keindahan yang mengagumkan.Sedangkan Pulau Padar yang juga terletak tak jauh dari Pulau Rinca, dan hanya dipisahkan oleh Selat Lintah.

Untuk menikmati keindahan pulau padar, Anda terpaksa harus trekking  cukup menantang menuju puncak bukit yang ada di pulau tersebut. Sesampainya di puncak. Anda akan disuguhi keindahan yang tercipta dari pemandangan pantai 3 warna dan jajaran pulau-pulau kecil  sekitarnya.

Di sini Anda juga bisa menikmati keindahan perairan Flores, misalnya dengan snorkelling dan/atau diving.

Pink Beach

Kalau belum puas menikmati keindahan laut Labuan Bajo, Anda bisa menikmati keindahan pantai Pink Beach yang  sudah terkenal dengan pasir pantainya yang berwarna merah muda seperti namanya.

Open Trip Labuan Bajo

Warna pink ini berasal dari campuran pasir putih dengan serpihan banyak karang, cangkang, serta invertebrata yang berwarna merah.

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini di antaranya adalah snorkeling, diving, ataupun sun bathing.

Jangan sampai melewatkan Pink Beach.

Pulau Kanawa

Anda juga memiliki alternatif pariwisata di sini, karena Labuan Bajo pun memiliki Pulau Kanawa yang bisa Anda kunjungi dalam perjalanan kembali ke Labuan Bajo.

Perairan di Pulau Kanawa sanggat terkenal dengan air yang sangat bening, sehingga Anda dapat menikmati keindahannya dari sekoci.

paket wisata labuan bajo

Selain itu, arusnya yang  juga lumayan kencang bagi Anda para surfer yang menikmati pengalaman penuh keseruan.

Kampung Todo dan Kampung Melo

Di Manggarat Barat  ada yang namanya Kampung Todo dan dapat dijangkau dengan perjalanan darat walau  memakan waktu sekitar empat jam.

Sesampainya di Kampung Todo, Anda pasti akan disambut kepala adat yang akan mengajak Anda berkeliling.

 Kampung ini berada di kaki Gunung Anak Ranaka, Desa Todo adalah pusat Pemerintahan Kerajaan Manggarai.

Setelah anda suda puas berkeliling di Kampung Todo, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan darat ke Kampung Melo yang berada di jalur balik menuju Labuan Bajo.

Di sana, Anda akan disambut dengan tarian-tarian khas suku Manggarai hingga perjamuan makan dari warga setempat sebelum balik ke Labuan Bajo

Setelah melihat lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Labuan bajo, maka itineraryAnda sudah siap bukan?

Jika sudah, yukmulai persiapkan anggaran untuk berlibur murah meriah ke sana!

Biaya Liburan Murah Meriah ke Labuan Bajo

Meski keindahannya luar biasa, bukan berarti liburan ke Labuan Bajo selalu mahal lho.

Anda bisa mengakalinya dengan merencanakan anggaran untuk berlibur murah, mulai dari biaya tiket dan akomodasi, serta biaya hidup disana.

Apa anda tau kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk berlibur murah ke Labuan Bajo ini? Berikut adalah estimasi biayanya:

Kebutuhan Wisata Estimasi Harga

Tiket pesawat 1.500.000

Homestay( include breakfast) Mulai dari 100.000/ hari 300.000

Transportasi antar pulau (sewa kapal)

700.000/ orang/ trip

(tergantung jarak pulau dan jenis kapal)

Transportasi lokal (sewa sepeda motor) 75.000/ hari 225.000 K

konsumsi (per hari per orang) ± 50.000/ orang/ 1x makan ± 300.000

Tiket masuk tempat wisata 500.000

Belanja dan oleh-oleh ± 500.000

Harga yang digunakan diatas hanyalah estimasi kasar untuk wisata 4 hari 3 malam ke Labuan Bajo dengan ketentuan tiket pesawat Jakarta-Labuan Bajo dalam kondisi seperti di atas.

Penginapan serta makanan merupakan harga rata-rata dan tempat wisata yang dikunjungi adalah tempat wisata yang telah disebutkan dalam poin sebelumnya.

Harga tersebut berlaku untuk 1 orang dan belum termasuk dengan biaya bagasi dan pengeluaran pribadi.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk liburan ke labuan bajo, langsung saja hubungi kami, Bajo Crew Tour di nomor WhatsApp +6281236798078. Anda juga bisa berkunjung langsung ke kantor kami yang beralamatkan di jalan Serenaru. Gang Cuci Mobil, Kel. Wae Kelambu – Labuan Bajo untuk memilih spot wisata saat trip yang menyenangkan.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need help?