Dimana Taman Nasional Komodo? Ini Jawabannya

Dipublikasikan oleh incefuad pada

sailing komodo

Komodo termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi dan menjadi satu-satunya kadal terbesar di dunia. Tidak heran banyak orang dari berbagai penjuru ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Lalu, dimana Taman Nasional Komodo berada?

Saat mengagendakan trip Labuan Bajo, sebaiknya kamu cantumkan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu tempat yang akan dikunjungi. Yuk, cari tahu lebih dalam informasi mengenai lokasi dan apa saja hal menarik di tempat tersebut.

Dimana Taman Nasional Komodo?

Taman Nasional Komodo dibangun tahun 1980 dan terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jadwal operasionalnya setiap hari selama 24 jam non stop.

Ada dua rute untuk mencapai taman yang didominasi komodo ini. Pertama, kamu berangkat dari Lombok kemudian lanjut ke Pulau Komodo.

keunikan komodo

Cara kedua, mengambil jalur dari Kupang menuju Ende menggunakan pesawat. Lalu, perjalanan ke Labuan Bajo ditempuh dengan minibus selama 10 jam. Terakhir, menggunakan speed boat hingga sampai di Pulau Komodo.

Banyak kegiatan seru untuk dilakukan bersama rombongan. Apalagi biayanya tidak mahal, yaitu 90 ribu per orang untuk wisatawan dalam negeri dengan rincian 10 ribu tiket masuk dan 80 ribu jasa pemandu. Harga ini telah mencakup trekking dan akses ke Pulau Padar maupun Pulau Rinca.

Bagi wisatawan asing akan dikenakan tarif berbeda, yaitu sebesar 250 ribu dan ada tambahan biaya untuk menyewa jasa pemandu.

Mengenal Taman Nasional Komodo

Fungsi pembangunan taman nasional adalah untuk melindungi spesies komodo yang terancam mengalami kepunahan. Di Dalamnya terdapat sekitar 4 ribu ekor yang hidup bebas di alam terbuka dan telah menghuni selama 40 tahun lebih.

Berkat keberhasilan mempertahankan eksistensi komodo, tahun 1991 UNESCO menetapkan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu warisan dunia.

Taman seluas 173.300 hektar ini dijumpai tiga buah pulau besar yang sangat eksotis dan wajib untuk dikunjungi saat berwisata ke sana,  yaitu Pulau Rinca, Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Panorama alam yang disuguhkan sangat lengkap karena tidak hanya hutan saja, melainkan ada pantai dan bukit dengan hamparan rumput yang sangat luas.

Hampir 70% dari luas lahan merupakan hutan savana dan padang rumput. Jenis vegetasi yang tumbuh sangat beragam, tercatat ada sekitar 254 jenis tanaman.

Selain komodo, ada hewan-hewan lain seperti rusa, berbagai macam burung hingga 28 jenis, 6 jenis paus, ribuan ikan, 10 jenis lumba-lumba dan karang sebanyak 385 spesies.

Melihat begitu banyaknya keanekaragaman hayati baik darat maupun laut, tentu satu hari saja tidak akan cukup untuk menjelajahi semua tempat. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, banyak penginapan yang sengaja disediakan untuk memfasilitasi pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Tempat Wisata Di Kawasan Taman Nasional

  1. Pulau Komodo

Jika kamu ingin mempelajari semua hal tentang komodo baik untuk keperluan penelitian, membuat video edukasi, berita atau lainnya maka berkunjung di taman nasional yang terletak di NTT ini adalah pilihan yang tepat.

wisata labuan bajo komodo

dimana Taman Nasional Komodo adalah Tujuan utamanya melihat hewan yang lebih populer dikenal sebagai kadal raksasa ini dari dekat. Selain itu, mengamati tingkah laku sehari-hari termasuk jenis makanan dan lain-lain. 

Meskipun kamu adalah seorang pemberani, namun dianjurkan tetap berhati-hati dan selalu berjalan dengan rombongan. Kamu tidak tau apa yang akan terjadi saat berjalan sendirian tanpa ranger.

Bisa jadi komodo yang kamu dekati sedang mencari target untuk dijadikan mangsa. Pasalnya, di mulutnya terdapat racun sehingga sangat berbahaya jika ada bagian tubuh kamu yang tergigit.

Jika harus mendekati hewan berbahaya ini, sebaiknya kamu minta bantuan ranger. Strategi ini dilakukan demi mendapatkan pose yang diinginkan dan tetap menjaga keselamatan.

  1. Pink Beach

Pink Beach harus selalu ada dalam list tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan. Pantai ini sangat unik karena memiliki pasir berwarna pink dengan air laut biru yang sangat jernih dan indah.

Warna pink pada pasir disebabkan oleh karang yang mengandung pigmen merah muda istilah lainnya adalah phoraminipheres. Karang di lautan terbawa gelombang hingga ke garis pantai. Karang bertaburan dan akhirnya bercampur dengan pasir.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Selain itu, beragam spesies ikan yang cantik-cantik, terumbu karang dan sponge juga banyak ditemukan di sana.

  1. Pulau Kanawa

Bagi orang-orang yang memiliki aktivitas kerja padat, melihat sunrise dan sunset adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi jika momen tersebut berlangsung di tempat seindah Pulau Kanawa.

paket trip labuan bajo (3)

Kamu pun bisa berlama-lama di pulau ini untuk memanjakan mata dengan pemandangan alam yang begitu mempesona. Selain itu, bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari pekerjaan. Banyak resort yang tersedia dengan tarif terjangkau.

  1. Pulau Rinca

Pulau Rinca didominasi padang rumput atau sabana sehingga juga menjadi salah satu habitat komodo. Namun, keadaan geografisnya berbeda dengan Pulau Komodo yang berupa hutan rimbun. Meski demikian, banyak spot menarik untuk berselfi.

  1. Pulau Kalong

Pergi ke Pulau Kalong sangat asyik jika dilakukan di sore hari. Hal ini dikarenakan pemandangannya sangat bagus. Ribuan kelelawar dapat kamu saksikan berterbangan di angkasa. Sangat sayang bukan jika harus dilewatkan.

Pastikan kamu tidak lupa mengabadikan momen ini dengan memfotonya atau membuat video dokumentasi sebagai kenang-kenangan.

Di pagi hari, rombongan kelelawar berbondong-bondong kembali lagi ke pulau usai mencari berbagai makanan. Pemandangan seperti ini juga tidak kalah seru untuk didokumentasikan.

  1. Pulau Padar
sewa kapal labuan bajo ocean pro 2

Kondisi di Pulau Padar mirip di Pulau Rinca yang banyak ditumbuhi padang rumput. Spot-spot foto yang tersedia paling terkenal di antara berbagai tempat bagus di Taman Nasional Komodo maupun Labuan Bajo.

  1. Pulau Kelor

Pulau Kelor menjadi surganya pemandangan bawah laut, terutama bagi para pecinta olahraga di air seperti snorkeling. Kapan lagi bisa sepuasnya menonton beragam spesies ikan maupun terumbu karang? Jadi, kamu manfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

Terlebih lokasinya gampang untuk diakses, dari Labuan Bajo hanya berjarak kurang lebih 1 jam. Pemandangan di pulaunya juga akan membuat kamu betah berlama-lama tinggal di sini.

  1. Berkunjung Ke Kampung Wisata

Sebuah pengalaman yang sangat berharga jika bisa mengamati aktivitas keseharian masyarakat setempat, yaitu membuat patung komodo.

Kamu dapat membelinya sebagai cindera mata sekaligus oleh-oleh untuk sahabat, teman dan lain sebagainya. Bentuknya sangat bagus, kreatif dan hampir menyerupai wujud aslinya.

Hal menarik yang terdapat di Desa Komodo adalah banyak orang yang mampu bercengkrama dengan komodo.

Simpan rasa penasaran kamu dan buktikan sendiri saat berkunjung ke sana. Pasti sangat menyenangkan juga saat pengunjung dapat berbaur dengan masyarakat. 

Kini kamu semakin mudah untuk mempersiapkan trip Labuan Bajo setelah mengetahui detail alamat di mana Taman Nasional Komodo terletak. Dengan demikian, saat ini sudah ada bayangan bukan alat transportasi apa yang akan dipilih berdasarkan dana yang kamu miliki.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need Help?