Bukit Sylvia Labuan Bajo, Spot Cantik untuk Para Traveler

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Bukit sylvia Labuan Bajo adalah salah satu spot foto yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Pulau Flores. Sudah menjadi rahasia umum kalau Labuan Bajo adalah primadona destinasi wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain keberadaan hewan purba komodo, keindahan alamnya yang masih terjaga dan asri menjadi pesona untuk Anda yang menginginkan paket wisata lengkap.

bukit sylvia labuan bajo
sumber

Daerah dengan topografi sabana dan stepa, juga permukaan dataran yang tidak rata seperti wilayah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan pada umumnya membuat daerah timur mememiliki pesona wisatanya sendiri. Tak jarang wisatawan lokal maupun internasional melakukan wisata ataupun open trip Labuan Bajo secara privat maupun berkelompok.

Permukaan dataran yang tidak rata membuat wilayah ini memiliki banyak bukit kecil. Salah satu yang paling terkenal dan digemari wisatawan adalah Bukit Sylvia Labuan Bajo. Dari bukit ini Anda akan dimanjakan oleh beragam pemandangan baik pantai laut, deretan pulau kecil, sampai kota Labuan Bajo sendiri.

Lokasi Bukit Sylvia

Bukit Sylvia berada di Labuan Bajo, Ibu kota Manggarai Barat, NTT. Jika Anda berjalan dari arah pelabuhan untuk menjangkau tempat ini Anda hanya bisa menjadikan Resort Sylvia Komodo sebagai patokan. Bukit ini awalnya dinamakan Bukit Sylvia, karena letaknya yang berdekatan dengan resort ini. lokasinya berada dekat Pantai Waecicu, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo.

Berjarak 4,6 km waktu tempuh dari pelabuhan bisa memakan waktu 45 menit jika Anda berjalan kaki, dan sekitar 14 menit jika menggunakan angkot ataupun ojek. Kemudian jika Anda ingin langsung mengunjungi bukit ini ketika baru turun di Bandara Internasional Komodo, waktu tempuh menjadi 20 menit dengan kendaraan mobil atau motor ke arah Pantai Waecicu atau Pasar Wae Kesambi.

Anda harus benar-benar memerhatikan jalan sebab tempat wisata yang satu ini minum petunjuk dan arah. Mungkin sebelumnya Anda dapat bertanya pada penduduk sekitar ataupun ojek yang mengantarkan. Jika membawa kendaraan, akan ada lapangan luas yang bisa menampung hingga 8 mobil. Jadi tidak perlu khawatir mencari tempat parkir di kaki bukit.

Pesona Alam yang Ditawarkan

Jika mencapai Bukit Sylvia Labuan Bajo Anda dapat menikmati berbagai pemandangan. Salah satunya adalah bukit-bukit yang berbentuk setengah lingkaran yang berbaris bersusun seperti Bukit Teletubies. Hal ini kerena wilayah area pantai Waecicu dikelilingi oleh perbukitan rendah. Para penduduk sekitar menyebut bukit ini adalah miniatur Gili Lawa.

Bukit ini terletak di area pantai yang memiliki pelabuhan tidak heran Anda akan mendapatkan pemandangan bentangan lautan dengan banyak kapal yang berlayar.  Ditambah pantai Labuan Bajo adalah pantai dengan karakteristik pasir putih, dipadukan dengan langit yang cerah  juga birunya laut tentu sangat memanjakan mata.

Sejauh mata memadang akan tertangkap pemandangan rerumputan diatas bukit yang tertimpa matahari pagi maupun sore. Bukit-bukit sabana dipinggir pantai ini tentu menyajikan pemandangan yang benar-benar cantik, dibanding Pulau Padar ataupun Komodo yang juga sering menjadi tujuan utama wisatawan.

Jadi tahu kan alasan Bukit Sylvia sering diincar wisatawan untuk spot foto, yaitu karena panorama disini hampir tidak bisa didapatkan dari spot lain. Meski berbentuk perbukitan Anda tidak perlu takut, sudah ada setapak yang akan membantu berjalan dan tidak tergelincir. Jika ingin melakukan private trip Labuan Bajo murah, masukan Bukit Sylvia sebagai destinasi Anda.

Lokasi Terbaik Sunset & Sunrise

Hal yang paling spesial dari Bukit Sylvia Labuan Bajo adalah spot sunset maupun sunrise yang luar biasa. Sudah terlalu mainstream jika melihat kedua hal tersebut dari pantai bukan? Lokasinya yang dekat dengan pantai sudah pasti menjamin view sunset yang indah. Berada di dataran yang cukup tinggi dan tanpa terhalang bangunan apapun akan membuat Anda bisa menikmati semua pemandangan dengan maksimal saat trip di Labuan Bajo.

Di Pulau Padar Anda akan menikmati pemandangan bukit dan laut dalam satu dataran. Namun menikmati sunset dan sunrise di Bukit Sylvia akan sedikit berbeda, karena bukitnya terbentak setengah melingkar. Karena akan ada bentangan laut dengan pulau-pulau kecil di background foto Anda. Keadaan bukitnya juga membuat Anda seolah berfoto dalam dunia teletubies.

Kecantikan matahari terbit (sunrise) juga bisa dinikmati tanpa ada penghalang. Jika ingin menikmati waktu tersebut, pastikan Anda sudah berangkat beberapa jam sebelum sunrise ataupun sunset. Karena Anda akan butuh waktu lebih untuk menelusuri tanjakan bukit. Agar lebih mudah untuk melihat sunrise Anda bisa memesan hotel atau resort yang berdekatan dengan Bukit Sylvia.

Wisata Gratis Bukit Sylvia

Dengan segala macam kelebihan dan keindahannya siapa yang bisa menyangka bahwa wisata ini gratis? Jika mengunjungi bukit ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk trip Labuan Bajo, ataupun retribusi parkir. Hal ini membuktikan bahwa private trip Labuan Bajo murah tidak selalu menghabiskan banyak biaya.

Labuan Bajo baik pada dataran Flores atau pun berbagai kepulauannya menyediakan banyak panorama dan bentang alam yang indah. Anda bisa saja mendapatkan spot foto pada daerah atau area yang indah dan gratis. Cukup dengan menyewa jasa tour seperti Bajo Crew Tour Anda bisa dipandu ke tempat wisata tujuan Anda maupun yang belum Anda tahu.

Akses Menuju Bukit Sylvia

Jika Anda adalah solo traveler yang tidak menggunakan jasa open trip Labuan Bajo, maka Anda perlu menunggu selama beberapa menit di pinggir jalan dekat pelabuhan. Tak lama berselang ojek yang lalu lalang pasti akan menawarkan jasa antar ke Bukit Sylvia ini. Tarif angkutan tergolong murah yakni Rp.5000 sampai dengan Rp.20.000 tergantung kesepakatan awal dengan pengendara.

Kondisi jalan menuju bukit ini cukup berliku, namun tetap bisa dilalui dengan mudah. Aspal jalan yang rapi dan tidak berlubang membuat nyaman perjalanan ke sini. Jika menempuh dengan jalan kaki wisatawan tidak akan dibuat bingung sebab tidak ada simpangan di jalurnya, cukup lurus hingga menemukan tAnda akses masuk bukit.

Sedikit tips lebih baik menggunakan private trip Labuan Bajo, agar lebih nyaman dipandu oleh penduduk lokal. Karena jika memilih sendiri dan menggunakan panduan Google Maps, maka Anda akan dipandu mengikuti jalur puncak utama yang lebih jauh di banding jalur langsung ke pintu masuk. Sesampainya di Bukit Sylvia Labuan Bajo Anda akan dapat menikmati pemandangan yang indah dan memukau.

Paket Tour Wisata Bukit Sylvia

Untuk dapat menikmati liburan juga lebih mengeksplorasi wilayah Labuan Bajo, Anda lebih disarankan untuk memilih agen tour atau wisata. Pemerintah Manggarai Barat mencatat bahwa jumlah pemesanan jasa tour perjalanan ke daerahnya meningkat tiap tahun

Bagi Anda yang ingin melakukan wisata ke tempat ini, serahkan pada agen kami. Anda bisa segera menghubungi +6281236798078 via WhatsApp atau mengunjungi lokasi kami di Jl. Serenaru, Gang Cuci Mobil, Kelambu-Labuan Bajo. Ada banyak paket trip murah dengan banyak fasilitas seperti kendaraan, foto, dan drone. Kami bisa memandu Anda ke berbagai lokasi yang sering dikunjungi ataupun tempat wisata yang anti mainstream seperti Bukit Sylvia Labuan Bajo.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to [email protected]

× Need help?