9 Hal Menarik di Labuan Bajo dan Perlu Anda Coba

Dipublikasikan oleh incefuad pada

Apa yang kamu pikirkan pertama kali kalau mendengar Labuan Bajo? Pasti kebanyakan menjawab komodo, karena memang di sanalah habitat aslinya. Tapi, setelah mengetahui 9 hal menarik di Labuan Bajo ini dijamin jawaban kamu bakal lebih bervariasi. Penasaran ada apa lagi di sana?

9 Hal yang Menarik Dicoba Selama Liburan di Labuan Bajo

1.   Pelesir Mewah Naik Phinisi

Trip Labuan Bajo dikenal dengan sebutan island hopping karena gugusan pulau di sana terpisah oleh perairan luas. Jadi, satu-satunya transportasi yang dipakai adalah kapal. Kalau kamu pengen liburan yang eksklusif, naik phinisi bisa jadi pilihan yang menarik.

Kapal khas Indonesia ini punya tampilan yang classy dan interior yang mewah. Bagian dalamnya dilengkapi kabin nyaman full AC, tempat makan outdoor, kursi santai, bathtub dan fasilitas lain yang setara dengan hotel bintang 5.

Satu kapal phinisi bisa menampung 8 sampai 17 orang. Biayanya bervariasi tergantung dari jenis kapal dan fasilitas yang bakal kamu dapat. Tarif per orang yang paling murah biasanya sekitar Rp3.575.000 dan termahalnya sekitar Rp5.437.000.

2.   Trekking di Pulau Padar Demi Hamparan Panorama Eksotik

Labuan Bajo punya 3 pulau terbesar dan salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Padar. Kalau kamu rajin buka medsos pasti gak asing dengan namanya karena memang lagi populer banget akhir-akhir ini.

Aktivitas seru dan menantang di Pulau Padar adalah trekking ke puncak bukit. Jalur yang harus didaki tergolong gampang kok, karena sudah dibangun tangga. Sayangnya belum ada pegangan di bagian tepi jadi sebaiknya sih bawa hiking stick.

Saat sudah sampai puncak, kamu bakal takjub sama landscape yang tersaji gratis. Ada 3 teluk dalam berwarna hijau kebiruan, rangkaian bukit khas Kepulauan Komodo dan gugusan pulau lain di sekitar Padar. Pastikan naik di pagi hari untuk menikmati view yang super keren. 

3.   Foto dengan Komodo di Pulau Komodo dan Rinca

Sudah jelas kalau tempat hidup komodo jadi salah satu 9 hal menarik di Labuan Bajo yang gak boleh terlewat. Ada 2 pulau dengan jumlah komodonya paling banyak yaitu Pulau Komodo dan Rinca. Dua pulau itu juga berstatus sebagai pulau terbesar selain Padar.

Jumlah komodo di Pulau Rinca sekitar 1.300 ekor sedangkan di Pulau Komodo sekitar 1.700 ekor. Tapi kamu bakal lebih gampang ketemu si kadal raksasa ini saat di Pulau Rinca karena luasnya lebih sempit dibanding pulau satunya.

keunikan komodo

Saat sampai di sana, kamu bisa pilih trekking jalur pendek, jalur menengah atau jalur panjang untuk lebih dekat dengan komodo. Selama trekking, kamu bakal ditemani pemandu alias ranger.

Nantinya, para ranger ini yang akan nunjukin jalan, mengantisipasi kalau ada serangan dadakan dari komodo dan membantu kamu biar bisa foto bareng hewan purba komodo. 

4.   Bertemu Pari Manta di Manta Point

Bukan cuma komodo, Labuan Bajo punya satwa langka lain yang juga dilindungi yaitu pari manta. Nama biota laut ini populer banget, lho. Gak afdol rasanya kalau kamu nggak ke Manta Point untuk bertemu si pari raksasa.

Banyak yang mengakui kalau Manta Point adalah spot diving dan snorkeling terbaik. Khususnya bagi yang ingin melihat pari manta dari dekat. Tapi kalau kamu belum punya lisensi menyelam maka cukup snorkeling saja, ya.

Waktu terbaik ke Manta Point antara bulan Juni sampai September. Pada bulan-bulan itu, arus laut relatif lebih bersahabat dan pari manta pun lebih mudah dijumpai.

Ukuran pari manta yang hidup di sana bisa lebih dari 8 meter. Kabar baiknya sih ikan ini terkenal ramah sama manusia, gak beracun dan bagian ekornya tanpa sengat. Jadi, kamu bisa lebih aman mendekati dan berfoto dengan pari manta.

5.   Fun Snorkeling di Pulau Manjarite dan Kanawa

Pulau Manjarite biasanya jadi destinasi awal yang dikunjungi selama trip Labuan Bajo karena jaraknya yang cukup dekat. Memang sih namanya masih kalah dengan pulau besar lain di Labuan Bajo, tapi view yang dipunyai gak boleh kamu sepelekan.

Dua daya tarik utama Manjarite adalah perairan dangkal yang jernih dan dermaga panjang yang ikonik. Kamu bisa bebas berenang maupun snorkeling untuk menikmati pesona biota laut. Spot snorkeling lain yang gak kalah menarik adalah Pulau Kanawa.

Air lautnya jernih dan kamu bisa melihat terumbu karang berbagai bentuk serta ikan-ikan kecil yang imut. Pulau Kanawa juga punya spot foto ikonik seperti Manjarite yaitu jembatan kayu panjang.

6.   Menikmati Sunset Terbaik di Pulau Kalong dan Bukit Sylvia

Disebut Pulau Kalong karena memang banyak kalong alias kelelawar berukuran besar di tempat ini. Tidak perlu takut karena kelelawar yang berterbangan saat senja datang justru mempercantik view yang kamu lihat. Sebab, sunset di Pulau Kalong adalah salah satu yang terbaik.

Spot sunset keren lain ada di Bukit Sylvia atau yang lebih dikenal dengan Bukit Cinta. Kamu perlu naik ke atas bukit untuk mendapat panorama yang lebih magis. View sunset di Bukit Sylvia dipercantik dengan hamparan laut tenang, bukit-bukit dan kapal pesiar yang kadang lewat.

7.   Hunting Foto di Tepian Pink Beach yang Cantik

Tak ketinggalan, Pink Beach jadi 9 hal menarik di Labuan Bajo selanjutnya yang terkenal dengan pasir merah mudanya. Fenomena warna pink disebabkan oleh Foraminifera yang merupakan hewan mikroskopis.

Jumlahnya yang sangat banyak menjadikan terumbu karang di dalam laut berwarna kemerah-merahan. Serpihan karang merah muda yang hancur terbawa ke tepi pantai dan bercampur dengan pasir putih. Lama-lama serpihan bertambah dan akhirnya mendominasi.

Warna pink dari pasir yang berpadu dengan warna biru dari jernihnya air laut menjadi latar foto yang super cantik. Pokoknya asal jepret pun, kamu bakal dapat hasil foto yang memuaskan karena setiap sudut Pink Beach itu memukau. 

8.   Camping di Bukit Mbeliling

Bagi yang suka tantangan lebih, Labuan Bajo menawarkan spot untuk hiking yaitu Bukit Mbeliling. Ketinggian bukit ini sekitar 1258 mdpl dan diselimuti hutan hijau yang lebat. Tempat yang cocok untuk memuaskan kerinduan kamu pada alam bebas.

Bukit Mbeliling juga punya area khusus camping yang sudah dikenal banyak turis. Seru banget, lho, camping di atas bukit dan di tengah-tengah hutan belantara. Pengalaman yang dijamin gak akan terlupakan.

Kalau beruntung, kamu bisa melihat satwa endemik seperti serindit flores dan gagak flores. Keduanya termasuk hewan langka yang dilindungi. Saat sampai di puncak, view Labuan Bajo yang mengagumkan terhampar luas tanpa penghalang. Tertarik ke sana?

9.   Memijat Kaki di Lembutnya Pasir Putih Taka Makassar

Taka Makassar memang menarik walaupun areanya sempit. Destinasi ini merupakan pulau timbul yang isinya cuma pasir putih dan memiliki tepian yang landai.

Pasir putihnya lembut banget sampai-sampai enak buat dijadikan alas pijatan kaki. Selain itu, berfoto ria, bermain air dan duduk di tepian pulau menjadi aktivitas menarik lainnya.

Terbukti kalau trip Labuan Bajo menawarkan pengalaman yang seru, kan? Tentu saja karena ada banyak pilihan destinasi yang punya daya tarik masing-masing. Selain itu, kamu bisa merasakan keseruan tidur, makan dan santai di dalam kapal selama perjalanan dari satu pulau ke pulau lain.

×

Hello!

Click our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bajocrewtour.com

× Need Help?